Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 18 September 2017

PENGERTIAN DAN CONTOH ANIMISME DINAMISME POLITEISME

"

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Henoteisme, Tetoisme - Hingga sekarang masih dipercayai adanya kehidupan manusia primitif, kehidupan mereka yang terpencil dan jauh dari masyarakat umum sekarang, membuat keadaan mereka terasingkan. Mereka turun-temurun dari nenek moyang mereka tidak ada perubahan, dari bahasa, kepercayaan, dan sampai pola hidupnya.

Hal ini masih bisa kita temui pada beberapa daerah Indonesia dan kebanyakan adalah daerah-daerah yang masih terisolir jauh dari peradaban dan kemajuan teknologi. Bisa dikatakan juga mereka masih manusia Primitif. Primitif adalah budaya masyarakat atau individu tertentu yang masih jauh dari peradaban dan belum mengenal dunia luar. Jadi manusia primitif adalah manusia yang masih memiliki budaya yang jauh dari peradaban dan dunia luar. Manusia primtif merupakan manusia yang belum tahu hal yang baik dan hal yang benar. Oleh karena itu mereka tidak mengenal sopan santun dan tata krama. terbukti dengan cara berpakaian mereka, penampilan mereka, dan pola hidup mereka.
PENGERTIAN DAN CONTOH ANIMISME DINAMISME POLITEISME

  1. Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin.
  2. Animisme adalah agama yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda, baik yang beryawa maupun tidak bernyawa mempunyai roh. Tujuan beragama dalam Animisme adalah mengadakan hubungan baiik dengan roh-roh yang ditakuti dan dihormati itu dengan senantiasa berusaha menyenangkan hati mereka.
  3. Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan beragama dalam politeisme bukan hanya memberi sesajen atau persembahan kepada dewa-dewa itu, tetapi juga menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan.
  4. Henoteisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan keagamaan masyarakat yahudi.
  5. Tetoisme adalah kepercayaan bahwa hewan tertentu dianggap suci dan dipuja kerena memiliki kekuatan supranatural. Hewan yang dianggap suci antara lain sapi, ular, harimau.
    Tetoisme merupakan fenomena yang menunjukkan kepada hubungan organisasional khusus antara suatu suku bangsa dan suatu species tertentu dalam wilayah binatang atau tumbuhan.
Demikian informasi yang bisa saya bagikan pada artikel saya kali ini mengenai Animisme, Dinamisme, Politeisme, Tetoisme, dan Henoteisme. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat untuk pengetahuan kalian. Selamat Belajar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH ANIMISME DINAMISME POLITEISME

0 komentar:

Posting Komentar