Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Jumat, 08 September 2017

CONTOH EKSPLANASI BESERTA STRUKTURNYA LENGKAP

"

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Alam Serta Strukturnya - Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang suatu proses “Mengapa” dan “Bagaimana”. Dapat berupa kejadian-kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

Suatu peristiwa yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan sebuah proses. Peristiwa tersebut tidak hanya untuk kita amati dan rasakan.

Peristiwa tersebut dapat kita pelajari, misanya dari segi “Mengapa” dan “Bagaimana” peristiwa tersebut bisa terjadi.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian teks eksplanasi. Apakah kamu sudah memiliki gambaran mengenai teks eksplanasi ? Pastinya sudah dong. Jika kurang paham, dibawah ini kita akan membahas ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi.

CONTOH EKSPLANASI BESERTA STRUKTURNYA LENGKAP

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai 3 ciri-ciri yang dapat memudahkan kita untuk membedakannya dengan teks yang lainnya. Berikut adalah ciri ciri teks eksplanasi :
  1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, mempunyai sebab akibat, dan interpretasi. 
  2. Memuat informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. 
  3. Fakta itu memuat informasi yang bersifat ilmiah.
Teks eksplanasi mempunyai struktur yang terdiri dari pernyataan umum, kemudian dilanjutkan oleh sebab akibat, dan diakhiri dengan interpretasi. Untuk lebih memahami lebih dalam lagi mengenai struktur teks eksplanasi silahkan perhatikan uraian dibawah ini :
  1. Pernyataan umum, yaitu pernyataan yang berisi tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaannya dan proses terjadinya atau proses terbentuknya. 
  2. Urutan sebab akibat, berisi tentang detail penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai yang paling akhir. 
  3. Interpretasi, berisi tentang kesimpulan atau pernyataan tentang topik yang telah dijelaskan.
Contoh teks eksplanasi tentang peristiwa Alam.

Banjir
 
Banjir itu termasuk sebagai salah satu gejala alam yang bisa berpengaruh pada keberlangsungan hidup setiap manusia dan tentu saja bisa menyebabkan adanya kerusakan didaratan. Adapun pengertian banjir secara sederhana ialah suatu luapan air yang dalam volume yang besar dan alirannya tak terkendali yang bisa mengakibatkan menggenangi suatu wilayah. Peristiwa didalam meluapnya air itu masuk di kawasan pemukiman yang sudah dihuni oleh manusia karena sungai tidak mampu lagi dalam menampung air tersebut. Pada suatu daerah, itu dikatakan banjir jika air yang berada didalam wilayah itu menggenangi dengan jumlah yang besar sehingga mampu menutup seluruh atau sebagian besar pada daerah yang luas. Sedangkan, kalau kita kaji secara hidrologi itu menegaskan bahwa ada dua definisi tentang banjir, yakni banjir adalah setiap aliran air yang bisa merusak tanaman, ternak dan harta benda; dan setiap keadaan permukaan atau lever yang telah melebihi ambang batas normal.

Munculnya banjir itu dapat disebabkan oleh dua faktor yakni faktor alam dan faktor manusia. Dari faktor manusia yang dapat menyebabkan banjir yakni munculnya kegiatan penggundulan hutan dan kegiatan membuang sampah pada sembarangan tempat. Sampah yang telah dibuang dengan sembarangan tempat dapat menyebabkan saluran atau sungai akan tersumbat sehingga dapat memunculkan luapan air. Sedangkan dari faktor alam bisa dalam bentuk curah hujan yang tinggi, dan terletak pada daerah yang lebih pada permukaan laut, serta daerah tersebut berada di suatu cekungan yang ada di perbukitan di sekelilingnya dimana untuk jalan keluar dari air tersebut mempunyai ruangan yang begitu sempit.

Banjir dapat mengakibatkan adanya suatu kerugian yang sangat begitu besar bagi manusia. Ada banyak sekali yang dapat terkena dari kerusakan kalau diserang oleh banjir. Prasarana dan sarana akan segera dirusak hingga menjadi porak-poranda dan sudah tidak dapat lagi untuk digunakan. Bahkan nyawa manusia itu pun bisa melayang secara sia-sia dikarenakan adanya terjangan banjir. Ketika terjadi bencana banjir maka masyarakat pun itu mudah sekali diserang oleh penyakit karena hadirnya genangan air yang sangat kotor. Persawahan dan perkebunan akan mengalami rusak berat yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan panen. Kondisi ini nantinya akan bisa membuat masyarakat tersebut dilanda kelaparan yang akan disebabkan oleh adanya kekurangan bahan makanan.

Oleh sebab itu maka kita seharusnya sebagai manusia itu hendaknya dapat menjaga alam kita untuk bisa mencegah munculnya banjir. Kita mesti bisa menjaga supaya lingkungan kita bisa tetap lestari dan itu telah menjadi tugas bersama kita semua. Kerusakan alam itu harus disegerakan untuk bisa dihentikan yang disebabkan oleh ulah tangan manusia. Hutan yang sudah gundul itu harus segera kita hijaukan kembali. Mari kita untuk membiasakan diri dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika bukan karena kita maka pertanyaannya siapa? kalo bukna kita, dan kalau bukan sekarang maka pertanyaannya kapan lagi?. Hal tersebut dilakukan untuk keberlangsungan hidup anak cucu kita nantinya.

Keterangan struktur teks eksplanasi :
– Pernyataan umum dari teks eksplanasi diatas itu berada di paragraf 1
– Deretan penjelasan atau isi teks eksplanasi berada pada paragraf 2 dan 3
– Interpretasi atau penutup teks eksplanasi berada di paragraf 4.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH EKSPLANASI BESERTA STRUKTURNYA LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar