Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 15 Agustus 2017

MACAM-MACAM WATAK DALAM CERPEN SINETRON DRAMA

"

Macam dan Jenis Perwatakan Dalam Drama - Definisi watak adalah sifat batin manusia yang mempengaruhi pikiran, budi pekerti dan tingkah laku / tabiat manusia tersebut. Pengertian watak manusia adalah karakter bawaan dari lahir,  selaku sifat yang turun dari gen ayah dan ibu ke anaknya yang sifatnya dominan.  Watak bisa mempengaruhi tingkah laku, dan tingkah laku terwujud dalam perilaku. Walaupun demikian, perilaku seseorang bisa diatur dan dibentuk, tergantung oleh lingkungan di mana manusia tersebut tinggal dan berinteraksi.

Watak juga digunakan dalam beberapa karya seni seperti cerita novel ataupun cerpen. Pengertian watak tokoh dalam cerpen / pengertian watak dalam cerita adalah suatu bentuk pemberian karakter kepada suatu tokoh tertentu untuk memberikan penegasan serta menjelaskan gambaran psikologis seperti apa sih sesungguhnya tokoh yang dimaksudkan dalam sebuah cerita.
MACAM-MACAM WATAK DALAM CERPEN SINETRON DRAMA

Kerchensteiner (1854–1932) mengatakan watak manusia terbukti dalam kemauan dan perbuatannya. Ia membagi watak manusia menjadi dua, yaitu watak biologis dan watak intelijibel. Watak biologis bersifat dorongan insting dan nafsu, yang terikat kepada kejasmanian atau kehidupan biologisnya. Watak ini tidak dapat diubah ataupun dididik. Sedangkan watak intelijibel berhubungan dengan  kesadaran dan daya pikir manusia. Watak inilah yang dapat diubah dan dididik.  Lebih lanjut ia menyarankan, bahwa untuk mendidik watak seseorang dengan baik, didiklah kemauan, cara berpikir, dan kehalusan perasaannya ke arah yang baik.

Senada dengan Kerchensteiner, I.R. Pedjawijatna juga mengatakan bahwa watak dapat dipengaruhi dan dididik, namun itu adalah pendidikan  yang amat individual. Ia tergantung kepada kehendak bebas dari orang yang dididiknya tersebut.

Lain lagi Allport (1897-1967) yang beranggapan bahwa watak dan kepribadian adalah satu dan sama, tepi dipandang dari segi yang berbeda. Kalau kita hendak menilai seseorang (melibatkan norma), maka yang dipakai adalah watak. Tapi kalau kita ingin menggambarkan bagaimana adanya seseorang  maka yang dipakai adalah kepribadian.

Contoh watak  ; pemarah, penyabar, penyayang, ceria, pemaaf, bijaksana, tidak percaya diri, pendiam, pendendam, jujur, tamak, licik, eksentrik, penakut, pembenci, pemalas, rajin, sombong, pengkhianat, cuek, penghina, munafik, egois, iri, setia, buas, jinak,  hemat, boros, pelit.

Kesimpulannya;
  • Watak bisa dididik dan diubah, seperti watak pemarah menjadi penyabar. 
  • Jati diri seseorang bukan dilihat dari wataknya, melainkan kemapanan perilakunya; artinya ia dapat berperilaku baik dan benar. 
  • Watak tidak menentukan pengembangan diri dan masa depan seseorang, tetapi perilaku karena perilaku bisa diubah.
Macam - Macam Penokohan / Perwatakan Tokoh DramaSebuah naskah drama terasa belum menarik bila belum dipentaskan. Melalui pementasan drama, kamu dapat lebih menghayati dan menemukan  isi ceritanya.

Untuk dapat mementaskan drama dengan baik, kamu harus benar-benar mengenal watak/karakter tokoh-tokohnya. Untuk itu, mari kita pelajari bersama!

Penokohan adalah cara pemain drama mengembangkan dan menggambarkan karakter tokoh dalam cerita. Penokohan ada tiga macam, yaitu tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis.

a.Tokoh protagonis, yaitu tokoh yang memiliki karakter baik, ramah, sopan disukai, dan diidolakan penonton.

b.Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang memiliki perwatakan tidak baik, dibenci oleh penonton, dan pemicu adanya konflik/permasalahan.

c.Tokoh tritagonis, yaitu tokoh pembantu yang bersifat netral, baik bagi tokoh antagonis maupun protagonis.

Sementara itu, teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi tokoh ada dua macam, yaitu teknik analitik dan dramatik.

a.Teknik analitik, yaitu karakter tokoh diceritakan secara langsung oleh sutradara. Tokoh digambarkan secara utuh dari segi fisik/jasmani, sikap, watak, dan karakternya. Semua diuraikan secara lengkap oleh sutradara.

b.Teknik dramatik, yaitu karakter tokoh diungkapkan melalui penggambaran fisik, lingkungan, dialek/bahasa, pola pikir, dan sikap terhadap tokoh lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MACAM-MACAM WATAK DALAM CERPEN SINETRON DRAMA

0 komentar:

Posting Komentar