Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Rabu, 21 Juni 2017

PENGERTIAN DESAIN PRODUK DAN TUJUANNYA

"

Apa Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli - Desain produk adalah sebagai alat manajemen untuk menterjemahkan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi rancangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba. Salah  satu  fungsi  manajemen terpenting dalam semua organisasi adalah menjamin bahwa masukan-masukan berbagai sumber daya organisasi menghasilkan  produk atau jasa yang dirancang secara tepat atau menghasilkan keluaran-keluaran yang dapat memuaskan keinginan para pelanggan.

Pengertian desain produk menurut David (2009:251) yaitu : Mengupayakan peningkatan penjualan melalui perbaikan produk atau pengembangan produk saat ini. Adapun pengertian dari desain produk itu dikemukakan oleh Brutou & Margaret,(2006:63), yaitu: Produk Desain adalah pengembangan produk (barang) yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen. Prastyowibowo (1999:5), menyatakan bahwa : Desain produk salah satu unsur memajukan industri agar hasil industri produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat, karena produk yang mereka dapatkan mempunyai kualitas baik, harga terjangkau, desain yang menarik, mendapatkan jaminan dan sebagainya. Dari pengertian di atas penulis menyimpukan bahwa desain produk adalah sebagai alat manajemen untuk menterjemahkan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi rangcangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba.
PENGERTIAN DESAIN PRODUK DAN TUJUANNYA

Maksud dari desain produk antara lain menurut Brutou & Margaret (2006 : 67-68) :
1. Untuk menghindari kegagalan yang mungkin terjadi dalam  pembuatan suatu produk. 
2. Untuk memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan produk.
3. Untuk menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat.
4. Untuk menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat.
5. Untuk mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu perbaikan kembali. 

Sedangkan tujuan dari desain produk itu sendiri adalah : 
1. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
2. Untuk menghasilkan produk yang trend pada masanya.
3. Untuk membuat produk seekonomis mungkin dalam penggunaan bahan baku dan biaya-biaya dengan tanpa mengurangi nilai jual produk tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DESAIN PRODUK DAN TUJUANNYA

0 komentar:

Posting Komentar