Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Kamis, 11 Mei 2017

JELASKAN KONDISI PENDUDUK INDONESIA DAN PERTUMBUHANNYA

"

Jelaskan Kondisi Penduduk Indonesia - Berikut adalah pembahasan tentang: Kondisi Penduduk Indonesia, Pertumbuhan Penduduk Indonesia, Sensus penduduk, pengertian sensus penduduk, Survei penduduk dan  Registrasi penduduk.

Kondisi penduduk Indonesia selalu mengalami perubahan. Apa sajakah perubahan tersebut? Dan apa penyebabnya?

Cermatilah uraian berikut ini.

Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Seiring dengan keinginan manusia untuk menikah, maka manusia akan makin bertambah. Oleh karena itu, ada pengaturan dalam hukum manusia mengenai pertambahan manusia tersebut.

Jumlah Penduduk

Dilihat dari aspek jumlah atau kuantitas penduduk Indonesia pada saat ini menempati urutan keempat di seluruh dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat.

Penduduk adalah semua orang yang menetap di suatu daerah tertentu dalam waktu tertentu. Jumlah penduduk adalah jumlah yang menempati suatu wilayah pada waktu tertentu. 

Untuk mengetahui jumlah penduduk suatu daerah atau negara dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:
JELASKAN KONDISI PENDUDUK INDONESIA DAN PERTUMBUHANNYA
Gambar: Grafik Pertumbuhan Penduduk Indonesia

Sensus penduduk

Sensus penduduk adalah rangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan, pengolahan, dan penerbitan keterangan mengenai penduduk di suatu daerah atau negara dalam waktu tertentu.

Survei penduduk

Survei penduduk memiliki pengertian sama dengan sensus.
Artinya, rangkaian kegiatan survei sama dengan pelaksanaan sensus penduduk. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah orang yang dimintai keterangan. Survei penduduk dilakukan karena pertimbangan waktu, biaya, dan tenaga pelaksana.

Registrasi penduduk

Registrasi penduduk adalah pencatatan mengenai data kependudukan yang dilaksanakan secara terus menerus oleh pemerintah mulai dari tingkat terendah, yaitu desa atau kelurahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : JELASKAN KONDISI PENDUDUK INDONESIA DAN PERTUMBUHANNYA

0 komentar:

Posting Komentar