Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Kamis, 22 Desember 2016

PENGERTIAN PERBEDAAN BIOGENESIS DAN ABIOGENESIS

"

Penjelasan Perbedaan dan Pengertian Biogenesis dengan Abiogenesis - Mungkin benar, asal usul sebuah kehidupan ialah sebuah topik yang begitu kontroversial serta memiliki sejarah yang begitu panjang. Bahkan dahulu orang kuno banyak sekali yang percaya jika asal usul kehidupan ialah sebuah mekanisme spontan, terjadi dikarenakan zat yang tidak hidup.
Pendapat yang satu ini dikenal dengan sebutan Abiogenesis akan tetapi para ilmuan membuktikan bila asal usul sebuah kehidupan yang sebenarnya dikarenakan mekanisme hidup yang telah ada sebelumnya. Pendapat ini pun sering di sebut dengan Biogenesis.
Teori Biogenesis
Biogenesis sendiri ialah sebuah teori mengenai asal usul dari kehidupan baru. Teori yang satu ini menyatakan jika asal usul kehidupan ialah sel-sel hidup yang telah ada sebelumnya maupun organisme. Ada beberapa penemu dari teori ini.
Teori Urey serta Paham Oparin

Teori dari Harold Urey di tahun 1893. Urey mengemukakan pendapat jika kehidupan terjadi berasal dari udara atau atmosfer. Saat tertentu di dalam sejarah bumi berkembang menjadi bentuk atmosfer. Atmosfer tersebut begitu kaya dengan molekul seperti H20, NH3, H2 serta CH4.

Dikarenakan adanya loncatan listrik yang diakibatkan oleh halilintar serta sinar kosmik, ada asam amino yang begitu memungkinkan untuk terjadi adanya kehidupan. Paham lainnya ialah Oparin. Seorang bangsa yang berasal dari Rusia mengemukakan pendapat yang mirip dengan Urey jika kehidupan pertama berada di cekungan pantai serta bahan yang berasal dari lautan.

Teori Louis Pasteur
Teori Pasteur ini di tahun 1822 hingga 1895. Pasteur pertama kali mengadakan sebuah percobaan dengan labu dengan penutup yang berbentuk mirip seperti leher angsa. Tujuan dari penelitian ini ialah pembuktian jika mikroorganisme berasal di udara bersama dengan adanya debu. Berikut percobaan Pasteur:
  • Jasad renik berada di udara bergabung dengan debut, 
  • Mikroorganisme yang selalu tumbuh bukan berasal karena adanya benda mati, melainkan mikroorganisme yang berada di dalam udara.
Dikarenakan percobaan yang dilakukan oleh Pasteur inilah, di perkenalkan semboyan yang mengandung arti:
  • Kehidupan berasal dari sebutir telur, telur tersebut di hasilkan oleh makhluk hidup, 
  • Makhluk hidup yang sekarang ini hidup berasal di kehidupan yang sebelumnya, 
  • Makhluk hidup yang sekarang ini hidup berasal di kehidupan yang sebelumnya, 
  • Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup pula.
Teori Francesco Redi
Resi sendiri mengemukakan ini di tahun 1968. Ia adalah seorang ilmuan yang berasal dari Bangsawan Itali. Redi sendiri menentang teori yang Abiogenesis serta mengadakan serangkaian percobaan.

Dengan melakukan percobaan tersebut, ia pun menyimpulkan jika kehidupan bukan berasal karena daging yang telah busuk, melainkan lalat yang bisa masuk ke tabung serta bertelur di keratan daging.
Teori Lazzaro Spallanzani
Lazzaro Spallanzani sendiri ialah seorang filosof yang berasal dari Italia. Ia menentang pendapat yang berasal dari John Needham. Kehidupan yang terjadi air kaldu oleh pemanasan yang belum sempurna hingga mikroorganisme yang tidak terbunuh dengan sempurna.
Teori Abiogenesis 
PENGERTIAN PERBEDAAN BIOGENESIS DAN ABIOGENESIS

Teori Abiogenesis ini ialah teori yang berpendapat jika makhluk hidup berasal dari adanya benda mati yang muncul secara spontan dikarenakan gaya hidup. Pelopor dari teori ini ialah Aristoteles.

Teori ini diperkuat Van Leeuweunhoek bangsa Belanda yang mengemukakan hal ini dari penemuannya di air hujan serta rendaman air jerami yang berada di bawah mikroskopnya. Dia menemukan adanya jentik-jentik atau makhluk hidup. Ia pun mengatakan jika jentik ini sebenarnya berasal dari air, sehingga ia mendukung teori ini.

Perbedaan Biogenesis dan Abiogenesis

Abiogenesis menyatakan bahwa asal usul kehidupan adalah karena bahan tak hidup lain, atau merupakan mekanisme spontan, sedangkan biogenesis mengungkapkan bahwa asal usul kehidupan adalah karena organisme hidup lain yang sudah ada sebelumnya atau sel. Abiogenesis gagal membuktikan secara eksperimental sementara biogenesis itu dibuktikan secara eksperimen oleh banyak ilmuwan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN PERBEDAAN BIOGENESIS DAN ABIOGENESIS

0 komentar:

Posting Komentar