Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 08 November 2016

PENGERTIAN SUGESTI CONTOH DAN JENIS SUGESTI LENGKAP

"

Pengertian Sugesti Contoh Sugesti dan Jenis Sugesti - Sugesti adalah pemberian suatu pandangan atau pengaruh oleh seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu sehingga orang tersebut mengikuti pandangan/pengaruh tersebut tanpa berpikir panjang. Dalam pengertian yang lain, sugesti adalah suatu proses interaksi sosial ketika individu menerima suatu pandangan atau pedoman perilaku dan individu lain tanpa kritik terlebih dahulu. Sugesti akan lebih berhasil bila yang memberi sugesti adalah orang berwibawa atau yang memiliki tipe otoriter. Cepat atau lambatnya proses sugesti ini sangat tergantung pada kemampuan intelektual, kepribadian, usia, dan keadaan fisik seseorang.

PENGERTIAN SUGESTI CONTOH DAN JENIS SUGESTI LENGKAP

Jenis-jenis sugesti dibagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:
  1. Sugesti kerumunan (crowd sugestion), adalah penerimaan yang tidak berdasarkan penalaran, sebagai akibat keanggotaan suatu kerumunan. 
  2. Sugesti negatif (negative sugestion) adalah sugesti yang bertujuan untuk menghasilkan tekanan-tekanan atau pembatasan tertentu. 
  3. Sugesti prestive (prestige sugestion), sugesti sebagai akibat prestise orang lain.
 Contoh sugesti :
  1. Seorang tokoh masyarakat yang berpengaruh di suatu desa memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa kekeringan mata air di desa mereka karena masyarakat menebangi hutan di hulu sungai. Dia menyarankan agar masyarakat tidak mengambil kayu lagi di hulu sungai dengan cara bergotong royong menanam pohon kembali. Masyarakat di desa itu tanpa perlu berpikir panjang langsung mengikuti saran dari tokoh masyarakat tersebut. 
  2. Seseorang yang hidupnya susah menyarankan kepada temannya agar ia terus melanjutkan sekolahnya dan belajar dengan baik. Ia mengatakan kepada temannya bahwa ia sekarang menyesal karena dulu tidak mau bersekolah, sehingga hidupnya menjadi susah. Mendengar saran dari temannya itu, ia tersugesti untuk belajar dengan baik dan harus berusaha untuk melanjutkan sekolah. 
  3. Seseorang yang selama ini tidak disiplin dan malas, oleh pimpinannya diberikan pandangan dan saran agar ia harus disiplin dan rajin bekerja karena ia sebenarnya memiliki kemampuan yang bagus sehingga suatu saat karirnya akan membaik. Mendengar saran dari atasannya, tanpa berpikir panjang ia mengubah sikapnya dari malas  menjadi disipin dan rajin.
Demikian informasi dari artikel cafpendidikan dengan judul Pengertian Sugesti, Contoh Sugesti dan Jenis-Jenis Sugesti lengkap. Semoga dengan artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk pengetahuan kita.
Sumber :
Sunaryo. 2002. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PENGERTIAN SUGESTI CONTOH DAN JENIS SUGESTI LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar