Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 28 November 2016

MANFAAT DAN SIFAT CERMIN CEKUNG LENGKAP

"

Apa Saja Kegunaan dan Sifat Cermin Cekung - Di pelajaran IPA atau Ilm Pengetahuan, kita diajarkan untuk mempelajari banyak pelajaran yang mengenai alam semesta beserta isinya. Salah satunya adalah cermin. Saat kita memasuki Sekolah Menengah Pertama, pelajaran mengenai cermin terdapat dalam bab khusus yang diberi judul Fisika Optik. Dalam bab ini kita akan dijelaskan jenis – jenis cermin dan perbedaannya.

Benda cermin pastinya tidak asing lagi. Kita dapat melihat cermin di berbagai tempat khususnya cermin berjenis Datar di mana menjadi benda yang biasa kita lihat setiap pagi setelah mandi. Selain cermin datar, ada jenis lain yang jarang kita temui namun terdapat dalam beberapa benda.

Berikut adalah pembahasan tentang hal-hal yang masih terkait dengan cermin cekung diantaranya adalah manfaat dan kegunaan cermin cekung.

Cermin Cekung
Dalam optik yang paling sederhana adalah cermin. Cermin merupakan benda yang dapat memantulkan bayangan dari beda yang ada secara sempurna.

Dahulu ribuan tahun yang lalu cermin sudah dikenal, bermula dari sebuah batu yang mengkilap. Cermin sendiri terbagi kedalam 3 jenis yaitu cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung.

Dari namanya kita sudah dapat membayangkan rupa dari cermin ini. Benar, cermin ini berbentuk cekung atau melengkung ke dalam. Cermin ini memiliki nama lain yaitu Konkaf.

Ciri – ciri dari cermin ini adalah mengumpulkan sinar cahaya dan bersifat dua macam yaitu maya dan nyata tergantung pada jarak dan letak benda atau objek yang ditaru di deoan cermin tersebut.

Manfaat atau Kegunaan cermin cekung
Manfaat dan Kegunaan Cermin Cekung
Gambar: Manfaat dan Kegunaan Cermin Cekung
  1. Sebagai reflektor lampu mobil, lampu baca dan lain-lain.
  2. Sebagai reflektor slide proyektor dan bioskop.
  3. Sebagai reflektor tungku matahari.
  4. Untuk memeriksa lubang gigi yang sakit.
  5. Pada alat mikroskop bagian bawahnya terdapat cermin cekung
Cermin Cekung juga merupakan hasil dari pemantulan cahaya. Hal ini menjadikan Cermin Cekung disebut Konvergen atau mengumpulkan sinar. 

Berbeda dengan Cembung, Cermin Cekung dapat memantulkan cahaya sejajar pada titik fokus seperti Cermin Datar. Cermin Cekung sendiri yang paling mudah terdapat pada lekukan sendok makan. 

Dan sebaliknya, bagian cembung pada sendok makan adalah Cermin Cembung. Semoga penjelasan mengenai Cermin Cekung ini dapat menambah pemahaman terhadap pelajaran mengenai Cermin Cekung.

Manfaat cermin cekung dapat disimpulkan tergantung pada letak benda terhadap titik fokus. Sebagian besar Cermin Cekung yang sejajar dengan titik fokus memiliki manfaat untuk mengumpulkan cahaya dan memantulkannya.

Sifat-Sifat Cermin Cekung

Adapun teori cermin cekung menurut sifatnya yang dapat berubah kita coba pahami berikut ini:
  1. Bila letak benda yaitu ruang objek adalah jarak objek lebih kecil dari titik fokus (R1 (s<f) dan letak bayangan berada pada R4, maka bayangkan bersifat maya atau tidak dapat ditangkap layar. Posisinya juga tegak dan diperbesar.
  2. Bila letak benda berada pada titik fokus atau f (s=f), maka bersifat tidak adanya bayangan begitupun tidak ada posisinya.
  3. Bila letak benda R2 (f<s<m) atau titik fokus lebih kecil dari jarak objek dan jarak objek lebih kecil dari double titik fokus dan letak bayangan RS, maka bayangan bersifat nyata atau dapat ditangkap oleh layar. Posisinya terbalik dan diperbesar.
  4. Bila letak benda terdapat pada titik double titik fokus dan setara dengan jarak objek atau m (s=m) dengan letak bayangan juga pada titik m, maka besifat nyata atau dapat ditangkap layar. Posisisnya terbalik dan sama besar.
  5. Bila letak benda pada ruang objek adalh R3 lebih besar dari double titk fokus atau R3 (3>m) dan letak bayangan pada R2 maka bersifat nyata atau dapat ditangkap layar. Possisinya terbalik dan diperkecil.
Demikian informasi yang bisa saya bagikan pada kali ini dengan judul artikel Manfaat Cermin Cekung dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga informasi dari artikel yang saya share ini dapat memberikan manfaat untuk kalian para pembaca.😀

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MANFAAT DAN SIFAT CERMIN CEKUNG LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar