Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 11 Oktober 2016

PENGERTIAN SKALA PADA PETA DAN RUMUS MENCARI SKALA PETA

"

Pengertian Skala Peta dan Rumus Menghitung Skala Peta - Bahasan pada materi ini adalah: Cara memperbesar peta skala peta, alat untuk memperbesar peta, alat untuk memperbesar gambar peta, alat memperbesar peta, cara menghitung skala peta, cara mencari skala peta.

Cara Memperbesar dan Memperkecil Peta

Skala peta adalah informasi yang mutlak harus dicantumkan agar pemakai dapat mengukur jarak sesungguhnya pada peta. Misalnya peta skala 1:250.000 artinya jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 250.000 cm di lapangan (jarak horizontal).

Dalam penggunaannya, peta dapat diperbesar atau diperkecil berdasarkan keperluan penggunanya. Memperbesar atau memperkecil sebuah peta dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

a. Cara Fotografis
Cara ini dilakukan dengan mengubah skalanya dengan mengubah fokus kamera yang digunakan. Perpetaan zaman modern mengalami perkembangan pesat karena ditemukannya kamera canggih. 

Dengan kamera canggih, pengukuran dan pemetaan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. Apalagi sekarang telah ditemukan potret dari udara atau satelit sehingga membuat hasil pemetaan lebih akurat.
PENGERTIAN SKALA PADA PETA DAN RUMUS MENCARI SKALA PETA
Gambar: Peta Indonesia

b. Cara Mengubah Skalanya
Berikut ini adalah cara mengubah skala untuk memperbesar peta,
yaitu:
  1. Buat garis vertikal dan garis horisontal pada peta asli. Misal, 1 cm antarvertikal dan 1 cm antarhorisontal.
  2. Buat garis yang sama dengan jarak diperbesar pada kertas lain.
  3. Tuliskan A, B, C, D, E, dan seterusnya di antara garis-garis vertikal pada tepi atas atau bawah dari kiri ke kanan dan angka 1, 2, 3, dan seterusnya di antara garis-garis horisontal pada tepi kanan atau kiri dari atas ke bawah, baik pada peta asli maupun pada kertas memperbesar peta.
  4. Pindahkan kenampakan yang ada pada peta asli ke kertas tempat memperbesar peta.
Contoh 
Apabila peta diperbesar N kali, maka skala pada peta yang baru berubah menjadi 1 dibanding skala peta asli dibagi bilangan N. Misalnya, apabila skala pada peta asli 1:1.000.000 kemudian diperbesar 2 kali, maka skala pada peta yang baru akan berubah menjadi 1:1.000.000 : 2 = 1:100.500.

Apabila kita ingin memperkecil peta, misalnya · kali dari peta semula atau peta asli, maka jarak garis-garis vertikal dan garis-garis horisontal pada kertas tempat memindahkan peta juga harus diperkecil kali dari jarak garis-garis yang ada pada peta asli.

Apabila pada peta asli jarak garis-garis vertikal dan garis-garis horisontalnya 1 cm, maka dalam kertas tempat memperkecil peta menjadi 0,5 cm. Cara selanjutnya sama dengan langkah-langkah dalam memperbesar peta. Apabila peta diperkecil, maka skalanya juga akan berubah.

NB : Peta yang diperkecil N kali, skala peta yang baru akan berubah menjadi satu dibanding skala peta asli dikalikan dengan penyebut bilangan N. 

Misalnya, skala pada peta asli 1:1.000.000 apabila diperkecil · kali, maka skala pada peta yang baru berubah menjadi 1:(1.000.000 × 2) atau 1:2.000.000. Untuk lebih jelas amatilah contoh berikut ini, kemudian cobalah buat kembali di buku tulismu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN SKALA PADA PETA DAN RUMUS MENCARI SKALA PETA

0 komentar:

Posting Komentar