Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Minggu, 02 Oktober 2016

PENGERTIAN DAN MANFAAT POWERPOINT MENURUT AHLI LENGKAP

"

Pengertian Fungsi Kelebihan Kelemahan PowerPoint - Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. 

PENGERTIAN DAN MANFAAT POWERPOINT MENURUT AHLI LENGKAP

Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.

Apa itu Microsoft Powerpoint ? kegunaan microsoft powerpoint. Pengertian Ms Powerpoint adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana.

Hadirnya Powerpoint menggantikan cara presentasi kuno yaitu dengan transparasi proyektor atau biasa disebut OHP (Over Head Proyector). Dengan adanya Ms Powerpoint, membuat presentasi menjadi sangat mudah karena didukung dengan fitur fitur yang canggih dan menarik. Microsoft powerpoint juga menyediakan template untuk memperindah presentasi anda. Berbagai macam template bisa anda pilih di aplikasi Ms Powerpoint. Anda juga bisa mendownload template powerpoint di secara gratis.

Fungsi Microsoft Powerpoint Apa fungsi dari microsoft powerpoint? Kegunaan atau fungsi Ms Powerpoint adalah sebagai berikut
  • Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
  • Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
  • Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide
  • Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer
Sejarah Microsoft Powerpoint Program Microsoft Powerpoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins & Dennis Austin. Pada masa itu Ms Powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian diubah namanya menjadi Powerpoint. Versi pertama Powerpoint, Powerpoint 1.0 dirilis pada tahun 1087. Saat itu dirilis untuk sistem operasi Apple Macintosh. Powerpoint msih menggunakan warna hitam putih, yang dapat membuat halaman teks & grafik untuk OHP (Overhead Projector). Versi berikutnya muncul setahun kemudian dengan dukungan warna. Pada 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan perangkat lunaknya, Powerpoint, seharga 14 juta dollar. Setelah itu versi Powerpoint 2.0 muncul ke pasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu Powerpoint telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam paket Microsoft Office.

Kelebihan Microsoft Powerpoint
  • Mudah dioperasikan Tersedia berbagai macam desain dan animasi
  • Tersedia berbagai macam template menarik
  • Dapat dibuat dengan berbagai format
  • Dapat mengedit foto secara langsung
Kelemahan Microsoft Powerpoint Harganya mahal. (Gratis jika anda menggunakan versi bajakan)
Kegunaan powerpoint dalam pembelajaran yang kreatifDalam perkembangan dan kehidupannya, setiap siswa perlu menguasai berbagai kemampuan atau kompetensi. Dengan kemampuan atau kompetensi itulah siswa hidup dan berkembang. Umumnya kemampuan atau kompetensi tertentu harus dipelajari. Dengan perkataan lain kepemilikan kemampuan atau kompetensi tertentu oleh siswa harus melalui proses belajar. Dalam rangka ini, sekolah harus bias memenuhi kebutuhan belajar siswa.

Ada berbagai macam cara dilakukan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa, diantaranya adalah dengan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk mengikuti perkembangan zaman dan juga tuntutan tujuan pembelajaran, guru dituntut kreatif dalam meningkatkan sarana proses pembelajaran salah satunya adalah penggunaan Microsoft powerpoint. Melaui Microsoft powerpoint yang ditayangkan tidak saja berupa tulisan-tulisan yang mungkin sangat membosankan, tetapi dapat juga ditampilkan gambar-gambar dan suara-suara menarik yang tersedia dalam program Power Point. Guru BK dapat pula memasukkan gambar-gambar di luar fasilitas power point, sehingga sasaran yang akan dicapai menjadi lebih optimal. Gambar-gambar yang disajikan melalui program Power Point tidak statis seperti yang terdapat pada Over Head Projector (OHP). Guru BK dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah film.

Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita. Penggunaan program ini memiliki banyak kegunaan diantaranya: (1) Siswa akan lebih memperhatikan selama proses pembelajaran karena model pembelajaran yang menarik, (2) Siswa akan lebih mudah mengingat materi yang diberikan guru, (3) Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi karena sudah diatur menggunakan slide-slide, (4) Selama proses pembelajaran tidak akan membosankan Karena penyampaiannya lebih interaktif dan menarik.

Manfaat game pendidikan menggunakan powerpoint Games bagi anak muda sekarang rasanya sangat susah dipisahkan. Guru yang kreatif akan memanfaatkan kesenangan para siswanya dalam menyisipkan materi pembelajaran yang lebih menarik dan menantang dengan cara membuat game pembelajaran atau istilah kerennya "Edu-Games".

Anak muda sekarang biasanya main game untuk merefresh diri. Dengan bermain game biasanya akan rileks dan timbul rasa gembira. Game selain untuk hiburan juga bisa dimanfaatkan sebagai media pendidikan (edu-games).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN MANFAAT POWERPOINT MENURUT AHLI LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar