Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 19 September 2016

STRUKTUR ANATOMIS DAUN DAN FUNGSINYA LENGKAP

"

Struktur Anatomis Daun dan Fungsinya Lengkap - Seperti halnya Batang dan akar, secara anatomis daun tersusun atas tiga sistem jaringan, yakni jaringan pelindung (epidermis), jaringan dasar (parenkim), dan jaringan pengangkut (vaskular). Daun yang pada umumnya berwarna hijau karena mengandung zat hijau daun atau klorofil, merupakan salah satu bagian dari organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Warna hijau pada daun itu memiliki fungsi utama sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk fotosintesis. 

Daun juga merupakan organ terpenting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan merupakan suatu organisme autotrof obligat yang harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi cahaya matahari menjadi energi kimia.

Fungsi Umum Daun
  1. Tempat terjadinya fotosintesis. Pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons. 
  2. Sebagai organ pernapasan. 
  3. Di daun terdapat stomata yang berfungsi sebagai organ respirasi. 
  4. Tempat terjadinya transpirasi. 
  5. Tempat terjadinya gutasi. 
  6. Alat perkembangbiakan vegetatif, misalnya pada tanaman cocor bebek (tunas daun).

Anatomi Daun

a. Epidermis
Epidermis biasanya dilindungi oleh lapisan kutikula. Pada tumbuhan tertentu selain lapisan kutikula di sebelah luarnya ada lapisan lilin, untuk mencegah penguapan yang terlalu besar. Contohnya pada permukaan bawah daun pisang.

Epidermis umumnya satu lapis tetapi ada yang lebih dari satu lapis. Epidermis daun dapat membentuk stomata dan trikoma. Stomata umumnya terdapat di permukaan bawah, tetapi ada pula yang terdapat di kedua permukaan epidermis daun. Pada tumbuhan air, (teratai, eceng gondok), stomata terdapat pada permukaan atas daun.

Stomata tersusun atas lubang atau pori yang dikelilingi oleh dua sel berbentuk melengkung seperti ginjal yang disebut sel penutup (sel penjaga; guard Cell). Stomata mengatur penguapan, masuknya CO2 dari udara dan keluarnya O2 ke udara saat fotosintesis dan arah sebaliknya saat respirasi.

b. Jaringan Dasar
Jaringan dasar pengisi daun terletak di antara epidermis atas dan epidermis bawah, disebut mesofil atau daging daun. Pada kebanyakan daun dikotil, mesofil berkembang menjadi palisade (jaringan tiang) dan spos ( jaringan bunga karang). Mesofil merupakan daerah utama tempat fotosintesis.

c. Berkas Pengangkut
Berkas pengangkut (xilem dan floem) pada daun terdapat di tulang daun dan mempunyai tulang daun dan cabang tulang, susunan berkas pengangkut semakin sederhana.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : STRUKTUR ANATOMIS DAUN DAN FUNGSINYA LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar