Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 27 September 2016

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DANAU LENGKAP

"

Pengertian, Macam-Macam dan Fungsi Danau - Danau adalah suatu masa air yang menempati daerah cekungan yang luas (tidak seluas lautan) dan dikelilingi oleh daratan. Danau ada yang airnya tawar dan ada yang airnya asin. Danau berair asin umumnya terdapat di daerah beriklim arid (kering) karena aktivitas penguapan yang terjadi sangat besar, sedangkan penambahan airnya tidak terlalu banyak. Contoh danau laut mati di Israel dan danau Laut Kaspia.

Pengertian Danau adalah suatu cekungan di permukaan daratan yang terisi air, terletak di tengah-tengah daratan. 

Sumber air danau berasal dari air hujan, sungai atau mata air. Keluarnya air danau melalui penguapan, perembesan, dan aliran. Fungsi danau adalah sebagai berikut:
  1. sebagai sumber bendungan;
  2. sebagai sumber air tawar;
  3. sumber pembangkit tenaga listrik; dan
  4. sarana rekreasi dan objek pariwisata.

Macam-macam danau

Menurut cara terjadinya, danau dibedakan menjadi:
PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DANAU LENGKAP
Gambar: Danau Vulkanik
  1. Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk karena letusan gunung berapi disebut juga danau kawah. Contoh: Danau Kalimutu, Danau Rinani, Danau Kelud, dan Danau Tangkubann Perahu.
  2. Danau tektonik adalah danau yang terbentuk akibat peristiwa patahan atau penurunan kerak bumi oleh aktivitas tenaga endogen. Contoh: Danau Poso, Danau Towuti, Danau Singkarak dan Danau Tempe.
  3. Danau tektovulkanik adalah danau yang terbentuk karena gabungan peristiwa antara tektonik dan vulkanik. Umumnya, danau jenis ini terbentuk karena hasil letusan gunung api yang mengalami peruntuhan dasar lubang kepundan. Contoh: Danau Toba, Danau Ranau, dan Danau Kerinci.
  4. Danau karst adalah danau yang terbentuk karena peristiwa melarutnya batu kapur sehingga membentuk daerah cekungan. Danau yang terjadi karena pelarutan kimia. Contoh: misalnya danau yang berada di daerah Gunung Kidul dan daerah karst di Yugoslavia.
  5. Danau buatan, danau yang terjadi karena dibuat manusia dengan cara membendung aliran sungai. Contoh: Waduk Gajah Mungkur, Waduk Karangkates, dan Waduk Jati Luhur.
  6. Danau glasial adalah danau yang terjadi karena peristiwa pencairan es yang kemudian menggenangi cekungan pada zaman es alluivium. Contoh: Danau Michisan dan Danau Superior. Danau ini terdapat di wilayah perbatasan antara Kanada-Amerika Serikat.
  7. Danau laguna adalah danau yang terbentuk di daerah pantai akibat pengendapan material yang dibawa oleh sungai. Pengendapan tersebut membentuk bendungan di muara sungai. Danau laguna juga dapat terbentuk di cekungan karang yang dikurung oleh pulau-pulau karang (atol). Contoh: pantai Selatan Jawa dan pantai Barat Sumatera.

Faktor-faktor penyebab rusaknya danau adalah:

  1. Proses sedimentasi yang dihasilkan dari endapan-endapan hasil erosi.
  2. Penguapan yang lebih besar daripada jumlah air yang masuk sehingga air danau berangsur-angsur habis.
  3. Gerakan tektonisme yang dapat mengubah aliran sungai yang masuk ke danau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DANAU LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar