Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 20 September 2016

JELASKAN PERKEMBANGAN EMBRIO DALAM RAHIM MANUSIA

"

Jelaskan Perkembangan Embrio dalam Rahim Lengkap - Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai dari sel telur yang dibuahi oleh sperma yang kemudian membentuk zigot. Pembuahan tersebut terjadi di bagian tuba Fallopi (saluran telur) dalam alat reproduksi wanita. Zigot yang terbentuk berkembang menjadi embrio. 

Embrio kemudian menempel pada dinding rahim (uterus) ibu yang telah menebal karena banyak mengandung pembuluh darah. Di dalam rahim, embrio akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan (pertumbuhan prenatal) sampai menjadi bayi yang siap untuk dilahirkan. Embrio yang menempel pada rahim (uterus) terus tumbuh dan berkembang sampai terbentuk dua bagian utama sel dan jaringan. 

Bagian pertama berupa embrio yang akan menjadi bagian lain akan membentuk ekstraembrio. Membran plasenta ini selanjutnya membentuk amnion dan tali pusat merupakan penghubung antara embrio dengan jaringan induknya. 

JELASKAN PERKEMBANGAN EMBRIO DALAM RAHIM MANUSIA
Perkembangan Embrio dalam Rahim

Fungsi plasenta dan tali pusat adalah untuk mengalirkan makanan dan oksigen dari induk ke embrio serta mengalirkan sisa-sisa metabolisme embrio ke peredaran darah induknya.

Beginilah perkembangan embrio dari minggu ke minggu:

Janin berasal dari pertemuan 2 sel orangtuanya, yakni sel sperma dari ayah dan sel telur dari ibu. Pertemuan ini mengawali terbentuknya sel-sel lain yang kompleks dan akhirnya dapat berkembang dan bertumbuh menjadi seorang manusia yang utuh. Berikut adalah perjalanan sel tersebut dalam daftar urutan tahap perkembangan janin:

Minggu ke 2: Pada umur kehamilan 2 minggu, tahap perkembangan janin yang utama ialah masa ovulasi atau keluarnya sel telur ibu ke dalam kandungan ibu yang dibuahi oleh sel sperma ayah. Pertemuan inilah yang menjadi awal perkembangan janin Anda. Setelah dibuahi, sel telur akan menjadi bakal janin, lalu menempelkan atau mengimplantasikan dirinya ke dinding rahim.

Minggu ke 3: Tahap perkembangan janin ada umur 3 minggu yang utama adalah terbentuknya hormon kehamilan dari bakal janin Anda. Bakal janin yang telah aman berada di dinding rahim mulai melepaskan hormon kehamilan yang membuat test pack kehamilan menjadi positif.

Minggu ke 4-5: Pada minggu ke-4 kehamilan, Anda akan mengalami terlambat menstruasi yang biasanya menjadi gejala utama kehamilan. Pada minggu ke-5, tahap perkembangan janin yang terjadi ialah akan terbentuk sistem pembuluh darah dan jantung yang mulai berdetak.

Minggu ke 6-7: Tahap perkembangan janin yang selanjutnya adalah terbentuknya hidung, mulut dan telinga pada wajah. Saat ini juga akan mulai terbentuk saluran pencernaan dan paru-paru. Terakhir, sel janin Anda akan membentuk tangan dan kaki yang mungil. Saat ini, janin Anda berukuran sebesar sebuah buah blueberry.

Minggu ke 8-9: Saat ini, janin Anda sudah mulai dapat bergerak, meski Anda belum dapat merasakan pergerakannya. Sistem saraf sudah mulai terbentuk pada minggu ke-8 diikuti oleh perkembangan saluran pernafasan yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru. Organ pada janin Anda saat ini sudah mulai bekerja. Ukuran janin Anda saat ini ialah sebesar buah anggur.

Minggu ke 10-12: Pada minggu ke 10, tahap perkembangan janin yang paling penting sudah selesai. Kulit janin berwarna transparan. Kaki dan tangan janin Anda mulai dapat menekuk dan mulai pula terbentuk kuku. Anggota tubuh janin Anda sudah terbentuk hampir lengkap pada saat ini. Ia kini dapat menendang, bergerak bahkan cegukan. Jemari tangan kini sudah dapat membuka dan menutup, jemari kaki dapat menekuk dan mulut akan bergerak seperti sedang menghisap sesuatu. Kini ia mulai sadar bila Anda menepuk perut Anda, meski pada saat ini Anda belum dapat merasakan gerakannya. Ukuran janin Anda pada minggu ke 12 adalah sebesar buah lemon.

Minggu ke 13: Akhir minggu ke 13 menandakan akhir dari trimester awal kehamilan Anda. Kini, janin memiliki sidik jari dan sistem pembuluh darah yang sempurna. Pada 13 minggu awal kehamilan inilah terjadi pembentukan dasar organ-organ penting dalam tubuh, maka sangat penting untuk mengawasi apa saja yang dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama termasuk makanan dan obat-obatan.

Minggu ke 14-15: Kini, otak janin sudah dapat mengirimkan impuls untuk organ tubuhnya terutama untuk mengontrol pergerakan muka. Ginjal janin Anda kini mulai dapat bekerja. Bila di USG saat ini, dapat terlihat janin yang sedang mengisap jempolnya. Janin juga dapat merasakan adanya cahaya dari luar perut ibu. Pada usia 15 minggu Anda dapat mengetahui jenis kelamin anak Anda dengan pemeriksaan USG.

Perkembangan janin 15 - 16 minggu
Perkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan ditandai dengan pergerakannya yang semakin aktif walaupun anda masih belum bisa merasakan gerakannya. Ia mungkin mulai suka menghisap jempolnya dan tengkoraknya juga semakin solid. Tulang rusuknya mulai terbentuk namun belum terlalu kelihatan. Di awal tahap perkembangan janin trimester kedua hormon kehamilan mulai bekerja. Kelenjar prostat atau ovari berkembang. Langit-langit mulut bayi hampir sempurna.

Perkembangan janin 17 minggu
Sekitar minggu ketiga dari perkembangan janin trimester kedua, bayi anda sudah memiliki lapisan kulit transparan dan membentuk alis mata dan rambut di kepalanya. Mata dan telinga semakin terbentuk dan tulang serta sumsum sekarang terbentuk.

Perkembangan janin 18 minggu
Pada minggu ke-18 kehamilan anda mungkin bisa merasakan tanda-tanda pertama kehidupan dalam rahim anda. Jika tidak, anda akan segera merasakannya. Pendengaran bayi anda semakin baik sekarang. Ia bisa mendengar suara anda dan lawan bicara anda secara samar-samar. Ototnya bergerak secara refleks dan ginjalnya sudah memproduksi urin yang disimpan dalam kantung amniotic setelah dikeluarkan. Proses perkembangan janin 18 minggu dalam kandungan lainnya yang cukup signifikan adalah terbentuknya lapisan lemak (verniks) dan rambut yang sangat halus (lanugo) untuk melindungi kulitnya yang tipis.

Minggu ke 19-20: Awal minggu ke-19 ditandai oleh berkembangnya sistem pendengaran, penglihatan, penciuman dan pengecapan janin, sehingga ini adalah waktunya bila Anda ingin mengobrol atau memperdengarkan music pada janin Anda. Saat ini juga janin mulai dapat menelan dan mulai membuat meconium, yang merupakan feses atau kotoran pertama janin Anda yang akan dikeluarkan saat ia lahir.

Minggu ke 21-25: Tahap perkembangan janin kali ini dapat Anda rasakan karena gerakan janin semakin kuat dan kini mulai mempunyai karakteristiknya sendiri. Periode ini juga ditandai dengan berkembangnya janin menjadi semakin mirip seorang bayi dengan ukuran yang lebih kecil. Akan mulai terbentuk alis, bibir, mata dan rambut yang lebih jelas. Kulit janin yang tadinya transparan kini menjadi semakin berwarna dan mulai ditimbuni lemak.

Minggu ke 26-27: Tahap perkembangan janin selanjutnya ialah janin Anda mulai melakukan gerakan bernafas, yaitu memasukkan dan mengeluarkan cairan amnion melalui hidungnya. Akhir minggu ke 27 juga menandakan berakhirnya trimester ke-2 kehamilan. Janin Anda kini tidur dengan pola yang teratur.

Minggu ke 28-31: Memasuki trimester ke-3, penglihatan janin Anda sudah semakin baik dan paru-paru sudah semakin terlatih. Otak janin sedang sangat bertumbuh hingga kepala janin akan membesar dengan cepat. Penimbunan lemak di lengan dan kaki janin akan sangat banyak sehingga kini janin Anda berukuran sebesar kelapa.

Minggu 32- 35: Menginjak minggu 32, berat badan ibu akan bertambah setengah kilo perminggunya, dimana setengahnya merupakan penambahan berat badan janin yang semakin siap untuk dilahirkan. saat ini sistem saraf dan paru janin berfungsi semakin baik, sehingga bayi yang dilahirkan di minggu ini biasanya dapat bertahan di dunia luar bila tidak terdapat komplikasi lain.

Minggu 36-lahir: Tahap perkembangan janin berikutnya adalah pematangan lebih lanjut pada fungsi otak dan paru yang dibutuhkan janin untuk bertahan di luar kandungan ketika dilahirkan. Selain itu, perkembangan janin juga difokuskan dalam penimbunan lemak yang semakin banyak agar bayi dapat bertahan dari hawa dingin ketika dilahirkan. Dan pada usia 37 minggu ke atas, bayi sudah siap untuk dilahirkan dan bertemu dengan kedua orangtuanya.

Demikian Informasi yang saya bagikan dengan judul Perkembangan Embrio Dalam Rahim. Semoga informasi yang bermanfaat ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih untuk Anda. Silahkan share informasi yang bermanfaat ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : JELASKAN PERKEMBANGAN EMBRIO DALAM RAHIM MANUSIA

0 komentar:

Posting Komentar