Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 05 September 2016

INILAH PROSES HUJAN OROGRAFIS FRONTAL DAN ZENITHAL

"

Bagaimana Proses Hujan Orografis, Frontal dan Zenithal - Berikut ini adalah penjelasan tentang proses hujan Orografis, hujan Frontal dan Zenithal lengkap dengan gambarnya. Sehingga kalian akan mudah dalam memahami bagaimana prosesnya hujan. Untuk lebih lanjut silahkan kalian baca di bawah ini penjelasannya lengkap tentang hujan.
Hujan Orografis 
INILAH PROSES HUJAN OROGRAFIS FRONTAL DAN ZENITHAL

yaitu hujan yang terjadi karena udara yang mengandung uap air di paksa oleh angin untuk menaiki pegunungan yang suhunya semakin tinggi seiring bertambahnya ketinggian.Hal ini mengakibatkan terjadinya kondensasi, terbentuk awan, dan hujan pada sisi lereng pegunungan tersebut.Hujan ini disebut hujan orografis. Angin yang mendorong hujan terus bergerak menuruni lereng di sebelahnya tanpa mengandung uap air. Angin tersebut bersifat kering dan sering disebut sebagai angin fohn. Daerah terjadinya angin fohn disebut daerah bayangan hujan.

Hujan Frontal 
INILAH PROSES HUJAN OROGRAFIS FRONTAL DAN ZENITHAL

Hujan frontal adalah hujan yang disebabkan oleh bertemunya angin musim panas yang membawa uap air yang lembab dengan udara dingin bersuhu rendah sehingga menyebabkan pengembunan di udara yang pada akhirnya menurunkan hujan.

Hujan Zenithal 
INILAH PROSES HUJAN OROGRAFIS FRONTAL DAN ZENITHAL

Jenis hujan ini terjadi karena udara naik disebabkan adanya pemanasan tinggi. Terdapat di daerah tropis antara 23,5o LU - 23,5o LS. Oleh karena itu disebut juga hujan naik tropis. Arus konveksi menyebabkan uap air di ekuator naik secara vertikal sebagai akibat pemanasan air laut terus menerus. Terjadilah kondensasi dan turun hujan. Itulah sebabnya jenis hujan ini dinamakan juga hujan ekuatorial atau hujan konveksi. Disebut juga hujan zenithal karena pada umumnya hujan terjadi pada waktu matahari melalui zenit daerah itu. Semua tempat di daerah tropis itu mendapat dua kali hujan zenithal dalam satu tahun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : INILAH PROSES HUJAN OROGRAFIS FRONTAL DAN ZENITHAL

1 komentar: