Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Rabu, 14 September 2016

FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PROSES FOTOSINTESIS

"

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis - Proses fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu dari faktor internal maupun juga dari faktor eksternal. Faktor-faktor yang memengaruhi proses fotosintesis ialah seperti kadar CO2 diudara, suhu,cahaya, air, kadar O2, Kadar kandungan Hara didalam tanaman, semua point-point itu ialah faktor-faktor yang mempengaruhi proses Fotosintesis, yang mana fotosintesis didalam pembentukan bahan organik tersebut dibantu oleh point-point di atas yang menjadikan acuan sebagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi fatosintesis, dikarenakan fotosintesis tersebut dapat membantu manusia untuk dapat bernapas dikarenakan fotosintesis tersebut ialah menghasilkan O2 sehingga fotosintesis tersebut sangat berperan penting didalam kehidupan manusia, hewan dan juga lain-lainnya.

Proses fotosintesis dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya:

FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PROSES FOTOSINTESIS
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Fotosintesis

a. Cahaya Matahari
Cahaya matahari sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Cahaya matahari berfungsi sebagai sumber tenaga untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa. Penyerapan cahaya matahari oleh tumbuhan tergantung dari intensitas cahaya matahari, lama penyinaran, dan panjang gelombang cahaya.

b. Air
Air memiliki peranan penting dalam fotosintesis karena merupakan bahan baku fotosintesis. Keberadaan air juga berpengaruh pada kerja stomata. Bila kekurangan air, stomata menutup sehingga CO2 terhalang masuk. Bila air dan CO2 tidak ada, proses fotosintesis tidak dapat dilakukan.

c. Suhu
Suhu berpengaruh pada kerja enzim-enzim pada tumbuhan dalam proses fotosintesis. Setiap suhu naik 10° C, kerja enzim meningkat 2 kali lipat. Waktu yang baik untuk proses fotosintesis pada tumbuhan adalah siang hari karena suhu pada siang hari cukup tinggi sehingga kerja enzimenzim dapat maksimal.

d. Usia Daun
Bila usia daun makin tua, aktivitas fotosintesis makin lambat. Daun yang menguning mengandung klorofil yang makin sedikit. Keadaan ini menurunkan fungsi kloroplas.

Demikian informasi yang saya bahas kali ini tentang Faktor-Fakto yang mempengaruhi proses fotosintesis pada tumbuhan. Semoga informasi dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan tambahan untuk kalian. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM PROSES FOTOSINTESIS

0 komentar:

Posting Komentar