Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Jumat, 01 Juli 2016

CONTOH TUMBUHAN YANG BERKEMBANG BIAK TUNAS ADVENTIF

"

Perkembangbiakan Secara Vegetatif Alami Dengan 9 Cara -  Perkembangbiakan secara vegetatif adalah tanpa melalui perkawinan atau aseksual. Makhluk hidup baru (keturunan) berasal dari bagian tubuh induknya (hanya melibatkan satu induk). Keturunan ini memiliki sifat biologis yang sama dengan induknya.

Ada dua kelompok tumbuhan dengan perkembangbiakan secara vegetatif, yaitu: vegetatif alami dan vegetatif buatan. Pada proses vegetatif alami, makhluk hidup baru terbentuk tanpa bantuan manusia. Sedang pada vegetatif buatan, makhluk hidup baru terbentuk dengan bantuan manusia.

CONTOH TUMBUHAN YANG BERKEMBANG BIAK TUNAS ADVENTIF

1. Membelah Diri

Tumbuhan yang terdiri atas satu sel (misalnya ganggang hijau) membelah diri dengan cara membelah sel tubuhnya menjadi dua.

2. Spora
 
Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora antara lain tumbuhan paku, jamur dan ganggang. Bentuk spora seperti biji tetapi sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan menggunakan  mikroskop.

Sporangium (kotak spora) pada tumbuhan paku terdapat pada bagian bawah daun. Jamur juga  berkembang biak dengan spora. Pada jamur tempe, sporangium terletak pada ujung hifa yang menggembung. Hifa adalah benang-benang yang menyusun tubuh  jamur. Bila spora telah masak, maka sporangium akan pecah dan spora-spora akan keluar  dan  jatuh ke tanah dan dapat pula disebarkan ke tempat-tempat yang jauh oleh angin dan air. Apabila spora tumbuh di tempat yang cocok maka akan  tumbuh  hifa  yang baru yang tumbuh dan membentuk cabang-cabang yang disebut rhizoid. Pada golongan ganggang, sporangium terdapat pada tubuh ganggang itu sendiri. Setiap spora dilengkapi bulu cambuk atau bulu getar yang berguna sebagai alat gerak dalam air. Spora ini disebut zoospora.

3. Akar Tinggal

Akar tinggal/rhizoma merupakan batang yang tertanam dan tumbuh dalam tanah. Ciri- ciri akar tinggal adalah sebagai berikut :
  • Bentuknya mirip akar, tetapi berbuku-buku seperti batang dan pada ujungnya terdapat kuncup. 
  • Pada setiap buku terdapat semacam daun yang berubah menjadi sisik. 
  • Pada setiap ketiak sisik terdapat tunas.
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah jahe, lengkuas, temulawak, kunyit dan rumput.

4. Umbi Lapis

Umbi yang berlapis-lapis dan di tengahnya tumbuh tunas disebut umbi lapis. Umbi lapis terdiri atas daun yang mengelilingi cakram (batang) dan membengkak di dalam tanah. Pada permukaan atas dari setiap buku (ruas), tumbuh daun yang tebal dengan satu atau dua kuncup ketiak yang letaknya berdekatan sehingga seperti berlapis-lapis. Umbi lapis baru yang berasal dari tunas ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas yang disebut siung. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis antara lain bawang merah, bawang bombay, bawang putih, bunga bakung dan bunga tulip.
5. Umbi Batang
Umbi batang adalah batang yang tumbuh ke dalam tanah. Ujung batang menggembung  membentuk umbi untuk menyimpan cadangan makanan terutama zat tepung. Pada umbi tersebut terdapat tunas yang disebut mata tunas yang apabila ditanam maka masing-masing mata tunas akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi batang antara lain bengkoang, ubi jalar, singkong dan kentang.
6. Umbi Akar

Akar yang berubah fungsi untuk menyimpan cadangan makanan disebut umbi akar. Ciri-ciri umbi akar adalah sebagai berikut :
  • Umbi tidak berbuku-buku
  • Umbi tidak mempunyai kuncup daun
  • Umbi tidak mempunyai mata tunas
Jika umbi akar ditanam maka akan tumbuh tunas-tunas baru dari bagian yang merupakan sisa batang. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah bunga dahlia, lobak dan wortel.

7. Geragih (Stolon)
 
Batang yang tumbuh menjalar di atas atau di bagian bawah permukaan tanah disebut geragih. Tunas pada buku-buku batang dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru. Ujung geragih (stolon) yang menyentuh tanah akan membelok ke atas. Contoh tumbuhan bergeragih di atas permukaan tanah adalah arbei, strawberry, pegagan dan semanggi. 

Contoh tumbuhan bergeragih di bawah permukaan tanah adalah rumput teki.

8. Tunas

Tumbuhan dikatakan berkembang biak dengan tunas apabila tunas dari tumbuhan induk tumbuh menjadi tumbuhan baru. Tunas pohon pisang tumbuh dari pangkal batang pohon pisang induk di dalam tanah. Tunas pohon pisang itu tumbuh menjadi pohon pisang baru. Selain pisang, bambu, pohon pinang dan tebu juga berkembang biak dengan tunas.
 
9. Tunas Adventif

Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh tidak hanya di ujung batang dan ketiak daun. Tunas ini tumbuh di bagian tumbuhan yang biasanya tidak bertunas seperti pada bagian daun dan akar. 

Contohnya adalah pada tumbuhan cocor bebek, sukun, cemara dan kersen/talok. 

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk Anda, semoga informasi mengenai Perkembangan Biak Tumbuhan yang saya ketik ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk share informasi ini agar dapat lebih bermanfaat untuk banyak orang lain.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH TUMBUHAN YANG BERKEMBANG BIAK TUNAS ADVENTIF

1 komentar:

  1. terimakasih anda telah dengan sukamenulis hal-hal penting yang tidak saya tahu dimana sangat saya butuhkan.cua kenapa tak disertai gambar/photo tanaman?

    BalasHapus