Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 20 Juni 2016

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PERKECAMBAHAN

"

Proses Perkecambahan Pda Tumbuhan - Perkecambahan sering dianggap sebagai permulaan kehidupan tumbuhan. Perkecambahan etrjadi karena pertumbuhan radikula (calon akar) dan pertumbuhan plumula (calon batang). radikula tumbuh kebawah menjadi akar sedangkan plumula tumbuh keatas menjadi batang (Ahapidin, 2009).

Perkecambahan ditandai dengan munculnya kecambah, yaitu tumbuhan kecil dan masih hidup dari persediaan makanan yang berada dalam biji. Ada empat bagian penting pada biji yang berkecambah, yaitu batang lembaga (kaulikulus), akar embrionik (akar lembaga) atau radikula) , Kotiledon (daun lembaga), dan pucuk lembaga (plumula). Kotiledon merupakan cadangan mkanan pada kecambah karena pada saat perkecambahan, tumbuhan belum bisa melakukan fotosintesis (Ahapidin, 2009).

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PERKECAMBAHAN

Air merupakan kebutuhan mutlak bagi perkecambahan. Tahap pertama perkecambahan adalah penyerapan air dengancepat secara imbibisi. air yang berimbibisi menyebabkan biji mengembang dan memecahkan kulit pembungkusnya dan juga memicu perubahan metabolik pada embrio sehingga biji melanjutkan pertumbuhan. Enzim-enzim akan mulai mencerna bahan-bahan yang disimpan pada kotiledon, dan nutrien-nutriennya dipindahkan kebagian embrio yang sedang tumbuh. Enzim yang berperan dalam pencernaan cadangan makanan adalah enzim amilase, beta-amilase dan protease. Hormon giberelin berperan penting untuk aktivasi dan mensintesis enzim-enzim tersebut (Ahapidin, 2009).
Perkembangan biji dapat di bedakan menjadi epigeal dan hipogeal.

Epigeal 

Perkecambah epigeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang dibawah daun lembnaga atau hipokotil sehingga mengakibatkan daun lembaga dan kotiledon terangkat keatas tanah, misalnya pada kacang hijau (phaseolus radiatus). 

Hipogeal

Perkecambahan hipogeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang teratas (epikotil) sehingga daun lembaga ikut tertarik keatas tanah. Misalnya pada biji kacang kapri (pisung satifum).
Perkecambahan hanya terjadi jika syarat-syarat yang dibutuh terpenuhi, yaitu yang cukup, suhu yang sesuai, udara yang cuku, dan cahaya matahari yang optimal. Jika syarat0syarat tersebut tidak dipenuhi, maka biji akan tetap dalam keadaan tidur (dorman).lamanya biji dorman bertahan hidup dan mampu berkecambah sangat bervariasi tergantung pada spesies dan kondisi lingkungan.

Pertumbuhan akar 

Dari kegiatan 1.3 yg telah kita lakukan, mengapa pertumbuhan akar yang tercepat terjadi di balakang ujung akar? Untuk mencari jawabanya, marilah kita amati susunan anatomi akar.

Irisan mebujur ujung akar muda menunjukkan adanya 4 daerah pertumbuhan, yaitu tudung akar, daerah pembelahan sel (meristem), daerah pemanjangan sel, dan daerah pemasakan selv (diferensiaasi).

1. Tudung akar
Tudung akar merupakan daerah akar yang paling ujung. Fungsi tudung akar adalah mensekresikan cairan polisakarida untuk melumasi tanah disekitar titik pertumbuhan akar. Cairan ini menyebabkan tanah menjadi lunak dan mudah di tembus akar selain itu, tudung akar berfunsi melindungi daerah meristem akar.

2. Daerah meristem 
Daerah meristem terletak di tudung akar, yang meliputi meristem apikal dan derivatnya. Meristem apikal merupakan daerah pusat pembelahan sel yang menghasilkan sel-sel meristem primer untuk menggantikan sel-sel di tudung akar yang tanggal.

3. Daerah pemanjangan
Daearah pemanjangan sel terletak di belakang daerah meristem sel-sel di daerah pemanjangan membelah lebih lambat daripada sel meristem. Se3l-selnya relatif lebih tahan terhadap kerusakan yang di sebabkan oleh radiasi dan bahan kimia beracun di bandingkan daerah lain. Sel di daerah pemanjangan ini juga berfungsi sebagai penyimpanan makanan. Sel-sel memanjang lebih dari sembilan kali panjang sel mula-mula. Pemanjangn sel berperan penting untuk menekan ujung akar, temasuk meristem.

4. Daerah diferensiasi 
Daerah diferensiaasi terletak di bagian akhir akar bercampur dengan daerah pemanjangan. Di daearah diferensiasi, sel-sel dari daerah pemanjangan mulai terspesialisasi struktur dan funsinya. 

Di daearah diferensiasi terdapat 3 sistem jaringan yang dihasilkan dari sel-sel meristem, yaitu sebagai berikut:

  1. Protoderma , merupakan lapisan terluar meristem primer yang akan menjadi epidermis. 
  2. Meristem dasar, merupakan lapisan kedua yang akan berkembang  menjadi sistem jaringan dasar. Jaringan ini mengisi daerah lapisan korttex pada akar diantara stele dan epifermis.
  3. Prokambium, merupakan lapisan pusat (dalam ) yang akan berkembanh menjadi silinder vaskuler pusat  (stele), yaitu xilem dan floem .                         

Pertumbuhan dan Perkembangan Organ Tumbuhan 

Pertumbuhan dan perkembangan batang meliputi pemanjangan dan diferensiasi. Pada tumbuhan dikotil terjadi pertumbuhan sekunder, yaitu pada kambium.

Demikian posting hari ini mengenai macam-macam perkecambahan, semoga materi biologi bermanfaat bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PERKECAMBAHAN

0 komentar:

Posting Komentar