Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Kamis, 23 Juni 2016

PERADABAN BANGSA MESOPOTAMIA LENGKAP DENGAN PENJELASAN

"

Sejarah peradaban Mesopotamia - Mesopotamia merupakan pengertian dari daerah atau tanah yang terletak di antara sungai-sungai. Mesopotamia disebut juga bulan sabit yang subur karena wilayahnya menyerupai bulan sabit yang daerahnya terletak di lembah sungai Eufrat dan Tigris. Daerah Mesopotamia terletak di utara sungai Eufrat dan Tigris. Sumber air kedua sungai itu terdapat di lereng pegunungan Armenia, yaitu di Perbatasan antara Irak dan Rusia. Lumpur endapan bertumpuk-tumpuk pada muaranya dan muncullah dataran rendah baru. Di sekitar muaranya terdapat rawarawa penuh dengan tumbuhan semak belukar dan dihuni oleh aneka jenis burung liar. Makin ke arah pedalaman, alamnya makin kering.

Banjir-banjir di Mesopotamia tidak dapat diramalkan waktunya seperti pada sungai Nil di Mesir. Luapannya datang secara mendadak, dengan demikian tidak dapat dibuat perhitungan-perhitungan. Ada delapan bangsa yang pernah bermukim di Mesopotamia diantaranya yaitu, bangsa Sumeria, Akkadia, Assyria- Babylonia, Chaldea-Babylonia baru, Persia, Guti, Karssita dan Medes. Peradaban Mesopotamia disebut sebagai peradaban tinggi karena di Mesopotamia telah mengenal bahasa dan tulisan, tulisan yang dikembangkan menggunakan huruf paku. Tulisan dibuat bukan di atas kertas seperti di Mesir (papirus), tetapi dengan jalan menekan tanah liat (soft clay) oleh alat sederhana yang disebut a square tipped (ujung bambu persegi). Di Mesopotamia berkembang seni bangunan yang disebut Ziggurat (menara bata-bata).

Mesopotamia terdiri dari dua kata, mezzo yang berarti tengah dan photamus/pothamia yang berarti sungai. Daerah Mesopotamia memang daerah yang diapit dua sungai besar di sepanjang Timur Tengah, Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Daerah ini terletak di Negara Irak saat ini.
Karena diapit oleh dua sungai, maka daerah ini adalah daerah yang sangat subur. Jangan heran kalau daerah ini jadi rebutan bangsa-bangsa yang berada di sekitarnya. Kisah peradaban daerah ini adallah kisah bergantinya kepemilikan atas tanah subur  yang diapit leh dua sungai.
Bangsa-bangsa yang pernah mengembangkan peradaban di Mesopotamia adalah Bangsa Sumeria (3000 SM), Akkadia (2350 SM), Babilonia (1900 SM) dan Assyria (1200 SM), serta Babilonia Baru (600 SM).

A . BANGSA SUMERIA (3000 SM)
       Bangsa Sumeria adalah suku bangsa yang pertama kali mendiami daerah Mesopotamia. Mereka mengeringkan rawa-rawa yang terletak diantara kedua sungai Eufrat dan Tigris serta membuat aliran air untuk mengaliri sawah dan ladang mereka. Sumber Ekonomi bangsa Sumeria pada umumnya adalah bercocok tanam. Mereka menggunakan hewan untuk membajak lahan pertanian mereka dan menggunakan gerobak untuk mengangkut hasil pertanian ke tempat lain. Suku bangsa ini dikenal sebagai suku bangsa yang pertama kali mengenal gandum dan roda.
Bangsa ini dipimpin oleh seorang raja yang bertugas sebagai pendeta, yang disebut Patesi (pendeta raja). Patesi yang terkenal yang menjadikan bangsa Sumeria terkenal adalah Patesi Gudea(2400 SM). Ia berhasil membuat kota yang megah bernama Kota Lagash.
Bangsa ini percaya dengan banyak dewa, terutama dewa-dewa yang berhubungan dengan alam. Seperti dewa langit, dewa bumi, atau dewa lautan. Untuk menyembah dewa-dewa tersebut dibangunlah kuil yang bernama Ziggurat. Barasal dari kata zagaru yang artinya bangunan tinggi seperti gunung. Bangunan ini berundak-undak yang semakin ke atas semakin runcing sehingga menyerupai gunung. Bangunan ini terbuat dari tanah liat yang dikeringkan. Bangsa inilah yang pertama kali membuat batu bata, yang masih kita lakukan hingga saat ini jika kita hendak membangun rumah.
Huruf yang digunakan disebut huruf paku. Huruf ini ditulis dengan menggoreskan kulit kerang yang sangat tajam ke batu bata yang menjadi bagian dari kuil.
Bangsa sumeria memberikan sumbangan yang penting bagi dunia dalam bidang matematika. Mereka mengembangkan hitungan dengan dasar 60 (disebut sixagesimal). Penemuan mereka tentang sudut lingkaran adalah 360 derajat, satu jam adalah 60 menit, 1 menit adalah 60 detik masih kita gunakan sampai sekarang.

B . BANGSA AKKADIA (2350 SM)
       Pada 2800 SM bangsa Akkadia merebut daerah Mesopotamia dari bangsa Sumeria. Pemimpinnya bernama raja Sargon yang kemudia memindakan ibukota ke Agade.
Dari segi kebudayaan, bangsa Akkadia meniru bangsa Sumeria. Sehingga tidak ada kemajuan yang menonjol dari peradaban Mesopotamia sejak dihuni oleh bangsa Akkadia.

C . BANGSA BABILONIA (1900 SM)
       Kerajaan Babilonia didirikan oleh suku Amorit yang kemudian dikenal sebagai suku Babilon. Suku Babilonia berasal dari kata babilu yang berarti gerbang tuhan. Raja yang terkenal bernama Hammurabi.
Ia terkenal karena membuat undang-undang yang sangat tegas sehingga rakyatnya dapat hidup secara teratur. Undang-undang tersebut dinamakan Codex Hammurabi yang dipahatkan di tugu batu setinggi 2m dan diletakkan di tengah kota. Menurut kepercayaan undang-undang tersebut diberikan oleh dewa marduk. Yaitu dewa yang memiliki kedudukan tertinggi diantara dewa yang disembah bangsa Babilonia.
Setelah Hammurabi meninggal, bangsa Mesopotamia ditaklukan oleh bangsa Hittit yang tingga di Dataran tinggi sebelah utara Mesopotamia.

D . BANGSA ASSYRIA (1200 SM)
       Bangsa ini termasuk rumpun dari bangsa Semit. Mereka membangun kota Nihiveh di tepi sungai Tigris sebagai ibu kota pemerintahan. Bangsa ini bercorak militer karena kegemarannya menaklukan berbagai Negara di sekitarnya. Bangsa ini dijuluki Romawi dari Asia karena kegemarannya berperang. Ia memiliki tentara infanteri dan kavelari yang kuat serta didukung kereta perang yang canggih. Sehingga ditakuti oleh Negara-negara di sekitarnya.
Selain memiliki angakatan perang yang tangguh, bangsa ini juga peduli pada pendidikan. Raja yang terkenal dari bangsa ini Assurbanipal, meninggalkan kepingan-kepingan tanah liat yang bertuliskan masalah keagamaan, sastra, pengobatan, matematika, ilmu pengetahuan alam, kamus dan sejarah. Semua itu tersimpan rapi di perpustakaan Negara yang terletak di ibu kota Negara Nihiveh.

E . BANGSA BABILONIA BARU (612 SM)
       Bangsa Babilonia Baru dipimpin oleh Raja Nabukadnezar yang membangun kembali kejayaan bangsa Mesopotamia di masa lampau. Peninggalan terbesar dari bangsa ini adalah taman gantung yang dipersembahkan untuk permaisuri raja. Taman yang dibangun diatas bukit 1.700 m di aliri air terjun yang berasal dari sungai Eufrat. Selain itu dibangun pula menara Babilon setinggi 90 m yang digunakan sebagai penunjuk jalan bagi orang-orang yang hendak bepergian ke kota tersebut.
Setelah raja Nabukadnezar wafat, Bangsa Babionia ditaklukan oleh bangsa Persia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PERADABAN BANGSA MESOPOTAMIA LENGKAP DENGAN PENJELASAN

0 komentar:

Posting Komentar