Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Jumat, 24 Juni 2016

PENGERTIAN UNSUR PARAGRAF IDE POKOK UTAMA PENDUKUNG

"


Pengertian Unsur Paragraf Ide Pokok, Kalimat Utama, Kalimat Pendukung - Sebuah paragra tefrdiri atas unsur-unsur yang membangunnya yakni ide pokok, kalimat utama dan kalimat pendukung. Berikut ini penjelasan dari ide pokok, kalimat utama dan kalimat pendukung tersebut.
PENGERTIAN UNSUR PARAGRAF IDE POKOK UTAMA PENDUKUNG

1. Ide Pokok
Ide pokok adalah hal yang dibahas dalam paragraf atau pikiran yang menjiwai seluruh paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok. Ide pokok itu tersurat dalam paragraf, tetapi mungkin juga tersirat. Ide pokok yang tersurat biasanya ada pada bagian awal paragraf, bagian akhir paragraf, atau terdapat pada bagian awal lalu dipertegas lagi pada bagian akhir paragraf. Ide pokok yang tesirat dirumuskan dalam bentuk frasa yang merupakan intisari dari kalimat utama (kalimat tanggal/induk kalimat). Oleh karena itu, wujud ide pokok dalam sebuah kalimat umumnya berbentuk frasa. Cara menemukan ide pokok paragraf dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan “apakah yang diungkakan dalam paragraph ini?”. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ide pokok pada paragraf tersebut.

2. Kalimat Utama
Kalimat utama adalah kalimat tempat dituangkannya ide pokok atau pikiran utama. Berdasarkan letaknya, kalimat utama dapat berada di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif) atau di awal dan akhir paragraf (deduktif-induktif). Selain itu ada juga paragraf yang tidak mengandung kalimat utama, tetapi memiliki ide pokok, yang seperti itu ide pokoknya tersirat dalam seluruh paragraf.
Menemukan kalimat utama dalam paragraf sebenarnya tidak sulit. Kalimat utama yang terdapat pada bagian awal paragraf pada umumnya mengandung pernyataan yang bersifat umum, pernyataan yang masih memerlukan pengembangan, rincian dan penjelasan lebih lanjut. Kalimat utama yang terletak di bagian akhir paragraf pada umumnya merupakan simpulan dari apa yang telah disampaikan pada kalimat-kalimat sebelumnya. Kalimat utama yang terletak di bagian awal dan akhir paragraf, sebenarnya adalah pengulangan dari kalimat utama di awal paragraf hanya bentuk kalimatnya berbeda. Wujud kalimat utama dapat berbentuk kalimat tunggal dan dapat pula berbentuk kalimat majemuk. Jika kalimat utamanya berbentuk kalimat majemuk bertingkat, maka ide pokoknya terletak pada induk kalimat.

3. Kalimat Pendukung
Kalimat pendukung adalah kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Kalimat-kalimat pendukung/penjelas harus memiliki kesatuan yang padu, yakni semua kalimat tersebut membentuk sebuah paragraf secara bersama-sama menyatakan ide pokok tersebut. Selain itu, kalimat-kalimat pendukung/penjelas harus koheren, yakni memilki kekompakan hubungan dengan kalimat yang lain sehingga membina keutuhan paragraph. Kekoherensian dapat dibantu dengan kata penghubung atau kata acuan. Kata penghubung atau kata acuan dapat diletakkan pada kalimat sebelum atau sesudah rangkaian kalimat dalam paragraf.

setelah membaca uraian diatas maka tentu teman-teman sudah memiliki gambaran cara membentuk/menulis sebuah paragraf. Jadi, ide pokok harus ditentukan terlebih dahulu sebelum menulis sebuah paragraf. Ide pokok tersebut dituangkan dalam sebuah kalimat utama. Pada saat mengembangkan paragraf, semua kalimat harus mengacu pada kalimat utama tersebut. Rambu-rambu pengembangan paragaraf dilandasi ide pokok atau kalimat utama yang sudah ditentukan. Hal ini berlaku untuk semua jenis paragraph, yakni paragraph eksposisi, deskripsi, persuasi, argumentasi dan narasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : PENGERTIAN UNSUR PARAGRAF IDE POKOK UTAMA PENDUKUNG

0 komentar:

Posting Komentar