Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 27 Juni 2016

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN IMUNITAS HOMORAL DAN SEL

"

Inilah Pengertian dan Perbedaan Imunitas Homoral dan Seluler - Respon kekebalan tubuh terhadap antigen dapat dibedakan menjadi dua jenis , yaitu kekebalan humoral ( antibody-mediated immunity ) dan kekebalan seluler ( call-mediated immunity ).

Kekebalan humoral

Kekebalan humoral adalah kekeblan yang melibatkan sel B dan Antibodi yang beredar dalam cairan darah dan limfe , ketika suatu antigen masuk kedakam tubuh untuk pertama kalinya , sel B membelah akan membentuk sel B plasma dan sel B pengingat  , sel B plasma menghasilkan antibodi yang berfungsi mengikat antigen , dengan demikian , mikrofag akan lebih mudah menangkap dan menghancurkan patogen , setelah infeksi berakhir , sel B plasma akan mati , sedangkan sel B pengingat akan tetap hidup dalam waktu lama.
serangkaian respons terhadap patogen ini disebut respon kekebalan primer.

kekebalan seluler

Kekebalan seluler adalah kekebalan yang melibatkan sel T yang bertugas menyerang sel-sel asing atau jaringan tubuh yang terinfeksi secara langsung , ketika sel T pembunuh kontak dengan antigen pada permukaan sel asing , sel T pembuluh akan menyerang dan menhancurkan dengan cara merusak membran sel asing  , apabila infeksi telah berhasil ditangani , sel T supresor akan menghantikan respons kekebalan dengan cara menghambat aktivitas sel T pembunuh akan membatasi produksi antibodi.

Apa perbedaan antara imunitas dimediasi humoral dan dimediasi seluler ?

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN IMUNITAS HOMORAL DAN SEL

  1. Kekebalan humoral dimediasi oleh B- sel sementara imunitas dimediasi sel oleh sel T.
  2. Pada imunitas humoral, sel B mensekresikan antibodi sedangkan pada imunitas yang diperantarai sel, sel T tidak mengeluarkan reseptor. Reseptor sel-T yang terikat pada sel T dan sel mengikat dengan antigen sendiri.
  3. Kekebalan humoral yang lebih penting untuk menghilangkan antigen larut dan menghancurkan mikroorganisme ekstraselular sedangkan imunitas seluler lebih penting untuk menghilangkan organisme intraseluler (seperti virus).
  4. Antibodi yang digunakan dalam kekebalan humoral sedangkan reseptor yang digunakan dalam imunitas yang diperantarai sel untuk membela terhadap patogen.
  5. Tidak seperti dalam imunitas diperantarai sel, antigen dihancurkan oleh antibodi sel-B luar- dalam imunitas humoral oleh sel B.
 Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian tentan judul artikel Pengertian dan Perbedaan Kekebalan Homoral dan Seluler. Semoga apa yang saya sampaikan melalui artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN PERBEDAAN IMUNITAS HOMORAL DAN SEL

0 komentar:

Posting Komentar