Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Rabu, 22 Juni 2016

PENCEGAHAN DAN PERTAHANAN TUBUH TERHADAP SERANGAN VIRUS

"

Antibodi dan Pertahanan Tubuh Terhadap Virus - Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang virus. Tapi bukan lagunya slank lho sob. Ini adalah virus yang biasa menyerang tubuh kita. Nah ketika kita tubuh kita rentan dari serangan virus maka yang perlu di persiapkan adalah pencegahan dan pertahanan untuk tubuh. kalu gitu mari kita bahas sob. di bawah ini ya.

Sebagian besar virus masuk ke tubuh manusia melalui mulut dan hidung, sebagian melalui kulit yang luka. Lalu bagaimana tubuh kita melakukan pencegahan dan pertahanan terhadap serangan virus?. Sebenarnya, di dalam tubuh kita ada sistem pertahanan yang dapat menyerang virus yang masuk. Ketika ada virus yang masuk, tubuh akan segera menyerangnya dengan cara sebagai berikut. 
  1. Cara yang pertama adalah sel darah putih atau figosit akan segera memakan dan merusak virus.
  2. Cara yang kedua adalah tubuh menghasilkan molekul protein yang disebut antibodi. Benda asing yang masuk ke dalam tubuh disebut antigen. Virus juga dikenali tubuh sebagai antigen. Ketika antigen masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan terpicu memproduksi antibodi. Antibodi ini sangat spesifik dan menyerang hanya pada antigen yang memicunya.
Oleh karena virus menggunakan komponen sel untuk mereproduksi dirinya dan virus tinggal di dalam sel, maka sulit mengeliminasi virus tanpa membunuh sel. Mematikan virus sama dengan mematikan sel. Oleh sebab itu, cara paling efektif adalah melakukan vaksinasi yang mencegah sel dari inveksi virus. Pengobatan dengan antibiotik seperti yang dilakukan pada bakteri kurang baik diterapkan pada pengobatan virus karena dapat meningkatkan resistensi terhadap bakteri.

Obat-obatan antibiotik yang digunakan dalam memerangi penyakit infeksi oleh bakteri tidak dapat digunakan untuk mematikan virus. Namun jika terserang influenza kita sering diberi obat antibiotik. Sebenarnya antibiotik ini untuk mematikan bakteri penyebab infeksi sekunder yang sering menyertai penyakit oleh virus. Demikian pula obat-obatan influenza sebenarnya hanya mengobati gejalanya. Virus itu sendiri hanya dapat dilawan oleh daya tahan tubuh kita (antibodi). Oleh karena itu, jika terkena influenza, makanlah makanan yang bergizi dan beristirahatlah yang cukup.
PENCEGAHAN DAN PERTAHANAN TUBUH TERHADAP SERANGAN VIRUS

Terbentuknya antibodi di dalam tubuh dapat dirangsang secara buatan. Untuk merangsang sel tubuh membentuk antibodi, tubuh diberi vaksin atau bibit penyakit yang dilemahkan. Setelah tubuh membentuk antibodi, tubuh akan kebal terhadap serangan penyakit. Virus juga dapat dibuat vaksin, misalnya vaksin polio, hepatitis, dan cacar. Vaksin merangsang sel-sel limfosif untuk menghasilkan antibodi. Jadi, vaksin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pada saat ini juga telah diketahui bahwa sel-sel inang yang terinfeksi virus merangsang dengan menghasilkan protein khas yang disebut interferon. Interferon ini tidak dapat mengamankan sel dari infeksi virus. Akan tetapi, jika interferon ke luar sel dan berinteraksi dengan membran sel , maka sel-sel yang mengikat interferon ini tidak dapat diinfeksi oleh virus. Sekarang para ahli mengembangkan penelitian tentang interferon ini dalam menemukan obat anti virus. 

Nah demikia sob penjelasan pada artikel kali ini tentang mencegah dan pertahanan tubuh serangan virus. Semoga dapat membantu dan memberikan manfaat untuk kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENCEGAHAN DAN PERTAHANAN TUBUH TERHADAP SERANGAN VIRUS

0 komentar:

Posting Komentar