Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Kamis, 23 Juni 2016

JENIS-JENIS DRAMA DAN SEJARAH DRAMA PENGERTIAN LENGKAP

"


Berikut Jenis-jenis Drama - Drama adalah jenis cerita yang diambil dari kisah nyata atau fiksi yang menceritakan kehidupaan manusia secara manusiawi. Oleh karena itu, uraian skenarionya harus dapat diterima akal atau memungkinkan terjadi pada manusia. Sejarah drama sebagai tontonan sudah ada sejak zaman dahulu. Nenek moyang kita sudah memainkan drama sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti tertulis yang bisa dipertanggung jawabkan mengungkapkan bahwa drama sudah ada sejak abad kelima SM. 

JENIS-JENIS DRAMA DAN SEJARAH DRAMA PENGERTIAN LENGKAP

Hal ini didasarkan temuan naskah drama kuno di Yunani. Penulisnya Aeschylus yang hidup antara tahun 525-456 SM. Isi lakonnya berupa persembahan untuk memohon kepada dewa-dewa. Sejarah lahirnya drama di Indonesia tidak jauh berbeda dengan kelahiran drama di Yunani. Keberadaan drama di negara kita juga diawali dengan adanya upacara keagamaan yang diselenggarakan oleh para pemuka agama. Intinya, mereka mengucapkan mantra dan doa.

Drama dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni Drama Sejarah, Melodrama, Drama Tragedi, Komedi, Misteri dan Laga ( disusun dari yang paling manusiawi). Baiklah berikut pengertiannya
1. Drama Sejarah
Drama sejarah adalah drama yang menyajikan kisah sejarah dengan tokoh dan peristiwanya.

2. Melodrama
Melodrama adalah drama yang mengeksploitasi kesedihan atau penderitaan. Jenis drama ini banyak disajikan dalam sinetron bersambung di televise.

3. Drama Tragedi
Drama tragedi adalah drama yang berakhir dengan kesedihan. Hal ini untuk memberikan kesan mendalam yang disimpan dalam benak penonton setelah pertunjukan selesai. Contoh : Romeo dan Juliet, Titanic.

4. Drama Komedi
Drama komedi adalah drama yang mengandung kelucuan. Dilihat dari sifat kelucuannya. Drama komedi terbagi lagi menjadi :
  • Komedi situasiadalah kelucuan yang  teraspirasi dari situasi dan kondisi yang direncanakan. Contoh : Bajaj Bajuri, Office Boy.
  • Komedi slapstic adalah kelucuan yang ditimbulkan dari korban kejahilan. Contoh : Warkop, Mr. Bean, Home Alone.
  • Komedi satireadalah kelucuan yang mengandung sindiran dan hikmah. Contoh : Kiamat Sudah Dekat, Mrs. Doubtfire.
  • Komedi farceadalah kelucuan dari dialog dan gerak yang agak dibuat-buat. Contoh : Srimulat, Extravaganza (meskipun keduanya berbeda konsep).
5. Drama Misteri
Drama misteri adalah drama yang menahan perhatian penonton dengan suspense/ketegangan, baik yang berasal dari tindak kriminal atau makhluk gaib.

6. Drama Action/Laga
Drama Action/Laga adalah drama yang banyak menampilkan adegan konfrontasi bak dengan sedikit atau banyak thriller, dengan seting tradisional, modern, maupun fiksi ilmiah. Film drama ini banyak penggemarnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : JENIS-JENIS DRAMA DAN SEJARAH DRAMA PENGERTIAN LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar