Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Sabtu, 25 Juni 2016

JENIS-JENIS DAN TIPE TULANG

"

Jenis Jenis Tulang, Macam macam  tulang dan tipe tulang - Itu yang akan kita pelajari kali ini. Terdapat lebih dari 200 tulang dalam sistem skeletal manusia normal. Sistem skeletal atau sistem tulang manusia tersusun atas beberapa jenis tulang, macam macam tulang dengan berbagai tipe tulang.

Ok, jangan merasa yang berlebihan yah. Jenis tulang yang dimaksud adalah osteon atau tulang keras yang padat.rapat atau tidak. Tipe tulang yang dimaksud adalah bentuk tulang tersebut. Sedangkan macam macam tulang yang dimaksud adalah letak tulang tersebut pada tubuh manusia. Akan tetapi, kalau di rangkum jadi jenis jenis tulang sepertinya bisa juga.

Jenis Jenis Tulang
  • Jenis Jenis Tulang Berdasarkan Penyusunnya
Tulang pada tubuh manusia terbagi atas dua jenis tulang yaitu tulang kompakta (tulang padat) dan tulang spongiosa (tulang spons).
 
Tulang kompakta adalah tulang yang memiliki sistem Harvers yang lebih padat  karena mengandung lamela yang lebih banyak. Sedangkan tulang spongiosa adalah tulang yang terlihat lebih besar melalui mikroskop karena memiliki lamela lebih sedikit dan mengandung sumsum merah yang berfungsi untuk pembentukan sel darah.
 
Sistem Harvers adalah sistem yang ada pada tulang yang terbagi atas beberapa ruang seperti saluran sentral, lamela, lakuna dan kanalikuli. Saluran sentral atau kanal havers adalah saluran yang mengandung pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfe. Lamela adalah lempengan lempengan tulang yang mengelilingi kanal sentral. Lakuna adalah ruang yang berada diantara lamela yang mengandung osteosit (sel sel tulang ) dan saluran limfe. 

Kanalikuli adalah saluran saluran kecil yang berfungsi dalam menghubungkan lakuna dan kanal sentral. Saluran ini juga mengandung pembuluh limfe yang membawa nutrien dan oksigen ke osteosit.

Untuk lebih jelasnya tentang sistem havers dan perbedaan tulang kompak/padat dan tulang spons pada tulang silahkan lihat gambar dibawah ini.
 
JENIS-JENIS DAN TIPE TULANG

Kedua jenis tulang diatas lebih dulu dijelaskan karena merupakan penyusun dari macam macam tulang dan tipe tipe tulang yang ada pada sistem skeletal manusia.
Selanjutnya kita beralih ke jenis jenis tulang berdasarkan bentuknya

Jenis Jenis Tulang Berdasarkan BentuknyaSecara garis besar terdapat tiga jenis jenis tulang berdasarkan bentuknya yaitu tulang panjang, tulang pipih dan tulang ireguler. Akan tetapi ada juga yang membaginya menjadi 5 jenis tulang yaitu tulang panjang, tulang pipih, tulang pendek, tulang sesamoid, dan tulang iregular/tidak teratur.
Karakteristik 5 Jenis Tulang # Tulang panjang adalah tulang yang berbentuk seperti batangan atau tongkat dengan panjang yang lebih daripada lebarnya. dan memiliki bagian yang membesar pada kedua ujungnya atau epifisis, ada juga yang menamakannya bagian ekstremitas. Pada bagian luar dan lebih banyak tersusun oleh tulang padat (kompak) dengan sedikit tulang spongiosa dekat epifisis yang berisi sumsum merah. Pada bagian tengah tulang panjang terdapat saluran medula (medulla cavity) yang mengandung sumsum kuning. Tulang hasta dan tulang kering merupakan salah satuh contoh tulang panjang.
 
# Tulang pendek adalah tulang yang kalau dibilang hampir kotak. Tulang pendek mempunyai lapisan tipis tulang kompak (padat). Tulang padat tersebut mengelilingi tulang spons yang ada didalamnya. Anda dapat menemukan tulang pendek di daerah tulang pergelangan kaki dan pergelangan tangan.
 
# Tulang pipih berbentuk pipih dan umumnya melengkung dengan dua lapisan paralel (seperti kue lapis). Seperti lapisan pertama itu tulang kompak, kemudian kedua itu tulang spons lalu berikutnya tulang kompak lalu tulang spons lagi. Sistem skeletal anda sekarang ini banyak tersusun oleh tulang pipih, contohnya sternum.
 
# Tulang sesamoid dapat anda temukan pada daerah tendon ata melekat pada tendon. Fungsi utama dari tulang sesamoid adalah melekatkan atau menjaga agar tendon jauh dari sendi. Contoh tulang sesamoid adalah tulang yang berada pada tulang patella dan pisiform.
 
# Tulang iregular atau tidak beraturan adalah tulang yang tidak berada dalam 4 kategori diatas. Tulang ini dilapisi oleh tulang kompak/padat yang tipis  dan dibagian dalamnya terdapat tulang spons sebagai interior. Tulang tidak beraturan, yah, seperti namanya, berbentuk tidak beraturan. Hal ini dikarenakan banyaknya titik osifikasi primer yang ada pada tulang tersebut sehingga terbentuk banyak lekukan (sinus). Dapat anda temukan pada tulang pinggang (panggul), pada tulang belakang, dan beberapa tulang pada tengkorak kepala anda.
Jenis Jenis Tulang Berdasarkan LetaknyaSeluruh tulang yang ada pada tubuh manusia disebut rangka manusia. Rangka terbagi atas 2 bagian secara garis besar yaitu rangka aksial dan rangka apendikular. Rangka aksial adalah rangka yang menjadi tulang tulang yang menjadi penyangga utama tubuh manusia sedangkan rangka apendikular adalah tulang tulang yang menjadi ekstremitas tubuh manusia.
Rangka terbagi atas:1. Tulang tulang kepala
2. Tulang tulang batang tubuh (trunk)
3. Tulang tulang ekstremitas atas dan gelang bahu
4. Tulang tulang ekstremitas bawah dan gelang panggul

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : JENIS-JENIS DAN TIPE TULANG

0 komentar:

Posting Komentar