Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Kamis, 23 Juni 2016

ANCAMAN DAN GANGGUAN PERTAHANAN INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

"

Ancaman dan Gangguan Pertahanan Indonesia di Era Globalisasi - Di beberapa bagian dunia, masih terjadi konflik dan pertempuran dengan menggunakan persenjataan yang kian canggih. Selain kekuatan bersenjata, penggunaan teknologi informasi seperti internet juga marak dilakukan sebagai sarana propaganda. Indonesia harus bersiap menghadapi dinamika dunia dengan menyiapkan system ketahanan nasional.

Mungkin ancaman bangsa Indonesia saat ini bukan dalam bentuk kontak persenjataan yang melibatkan armada perang dengan Negara luar. Di dalam negeri masih ada gerakan teroris dan separatis yang masih melakukan aksi secara sporadis. Namun ancaman terbesar bangsa ini adalah degradasi moral dan karakter bangsa akibat teknologi informasi yang berkembang pesat di tengah masyarakat yang masuk tanpa sensor.

ANCAMAN DAN GANGGUAN PERTAHANAN INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

Pengaruh itu dalam bentuk paham, budaya, ideology luar yang masuk melalui dunia maya dan dapat diakses semua orang termasuk generasi muda. Budaya kebebasan, paham yang radikal dan ideology yang bertentangan dengan nilai pancasila menyeruak dan mempengaruhi anak bangsa. Maka pemerintah perlu membekali masyarakat dengan paham-paham kebangsaan dan karakter Pancasila untuk menangkis dan membentengi pengaruh yang tidak sesuai dengan kepribadian  bangsa.

Kali ini kita akan membahas tentang apa saja ancaman dan gangguan yang dapat mengganggu pertahanan Indonesia di era global sekarang ini. *Langsung saja..

Menurut Departemen Pertahanan (2003) ancaman dan gangguan pertahanan Indonesia di era global diperkirakan berbentuk:
  1. Terorisme internasional yang memiliki jaringan lintas Negara dan timbul di dalam negeri. 
  2. Gerakan separatis yang berusaha memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia terutama gerakan separatisme bersenjata yang mengancam kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia. 
  3. Aksi radikalisme yang berlatar belakang primordial etnis, ras, dan agama serta ideologi di luar Pancasila, baik berdiri sendiri maupun memiliki keterkaitan dengan kekuatankekuatan di luar negeri. 
  4. Konflik komunal, kendatipun bersumber pada masalah sosial ekonomi, namun dapat berkembang menjadi konflik antarsuku, agama, maupun ras/ keturunan dalam skala yang luas. 
  5. Kejahatan lintas negara, seperti penyelundupan barang, senjata, amunisi dan bahan peledak, penyelundupan manusia, narkoba, pencucian uang, dan bentuk-bentuk kejahatan terorganisir lainnya. 
  6. Kegiatan imigrasi gelap yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan maupun batu loncatan ke negara lain. 
  7. Gangguan keamanan laut seperti pembajakan dan perampokan, penangkapan ikan ilegal, pencemaran, dan perusakan ekosistem. 
  8. Gangguan keamanan udara seperti pembajakan udara, pelanggaran wilayah udara, dan terorisme melalui sarana transportasi udara. 
  9. Perusakan lingkungan seperti pembakaran hutan, perambahan hutan ilegal, pembuangan limbah bahan beracun dan berbahaya. 
  10. Bencana alam dan dampaknya terhadap keselamatan bangsa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : ANCAMAN DAN GANGGUAN PERTAHANAN INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

0 komentar:

Posting Komentar