Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 29 Maret 2016

CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT SESUAI BAKAT POTENSI

"

Cara Jitu Memilih Jurusan Kuliah - Banyak hal yang harus dipikirkan dalam memilih suatu jurusan perkuliahan. Ada beberapa pertimbangan secara matang agar kalian setelah lulus wisuda dari perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan. Seperti yang kalian tahu pada jenjang SMA/SMK/MA adalah suatu modal yang belum begitu matang dalam terjun kedunia karir, mungkin hanya SMK yang memang sudah dipersiapkan untuk langsung bekerja. 

Seperti yang kita tahu bahwa angka pengangguran di Indonesia semakin lama semakin meningkat. Salah satu penyebabnya adalah bertumpuknya Sarjana yang memilih satu jurusan yang sama dan mengakibatkan persaingan yang cukup banyak sehingga membuat peluang mendapatkan pekerjaan menjadi menipis. Dalam hal memilih jurusan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain bisa kalian lihat di bawah ini : 
CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT SESUAI BAKAT POTENSI

Beberapa Hal yang Perlu di Perhatikan Dalam Memilih Jurusan Kuliah :
 
1. Mampu di Bidangnya
Pilihlah jurusan yang dimana anda ahli di bidangnya. Memilih jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat anda. Sangat dianjurkan agar anda tidak mengambil resiko, karena ini sangat berdampak berkepanjangan. Jangan memilihi satu jurusan hanya karena ingin dekat dengan pacar atau mungkin karena gengsi dengan teman lainnya. Jika anda mengambil tindakan ini, mungkin saja anda akan makin hati dengan pelajarannya karena tidak mengerti bahkan sampai stres. Tentukanlah jurusan yang anda sukai, dengan begitu untuk mencapai nilai yang tinggi dan meningkatkan bakat andapun sangat mudah untuk di dapatkan.
 
2. Minat dan Bakat
Seperti yang dikatakan sebelumnya memilih jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat anda. Jangan sampai anda memilih jurusan tersebut karena mudah mendapat pekerjaan dan mengundang keuntungan di masa depan. Jika memilih hal ini dan anda tidak menguasainya sama saja anda akan menjadi pengangguran biarpun jurusan tersebut banyak  diminati dan mudah mendapatkan pekerjaan. Pilihlah jurusan yang sesuai maka hasilnya akan memuaskan dan malah menjadi keuntungan yang besar untuk masa depan anda bila anda serius menjalaninya.

3. Konsultasi ke Guru BK dan Guru Terdekat

Apabila kalian masih di jenjang SMA/SMK/MA bisa kalian manfaatkan layanan informasi yang disajikan oleh Bapak dan Ibu Guru BK sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jurusan yang kalian pilih nanti. Memang semua pilihan terserah kalian namun ada baiknya kalian cari tahu kelebihan dan kekurangan jurusan yang akan kalian pilih.
 
4. Uang
Hal ini merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Apakah ketika anda memilih universitas tersebut cukup dengan budget yang anda miliki? Bagaimana dengan uang makan dan kos anda sehari-hari? Apabila memang anda kurang mampu bukan berarti anda harus berhenti untuk melanjutkan kuliah. Banyak cara agar anda tetap bisa kuliah seperti beasiswa yang banyak disediakan di universitas maupun di luar universitas.
 
5. Berkomitmen
Sebelum memilih jurusan dan universitas anda harus mempertanyakan kepada diri sendiri apakah anda akan komitmen menjalani studi tersebut? Apakah anda akan bersungguh-sungguh dan selesai lebih cepat? Hal ini perlu anda pertimbangkan disamping ingin membanggakan orang tua pastilah anda memikirkan biaya kuliah yang semakin mahal.
 
6. Waktu
Anda juga perlu pertimbangkan mengenai waktu kuliah anda. Misalnya dengan mengambil jurusan tersebut berapa lama waktu yang akan anda habiskan. Ketika anda memilih jurusan dokter mungkin anda akan perlu memakan waktu 5 tahun belum lagi dengan prakter dan sebagainya baru anda akan menjadi dokter sungguhan. Anda harus pikirkan hal ini ke depan, seperti kapan akan menikah dan sebagainya.

Nah demikian informasi yang bisa dibagikan Admin cafependidikan untuk sahabat yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah, saya berharap dengan adanya artikel yang berjudul Cara Memililih Jurusan Kuliah yang Tepat Sesuai Bakat Potensi membuat kalian dapat menemukan jenjang kuliah yang tepat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT SESUAI BAKAT POTENSI

1 komentar:

  1. Universitas Gunadarma menyediakan berbagai jurusan dengan akreditasi A BAN-PT.
    Bagi kalian yang mencari beasiswa full, Universitas Gunadarma juga menyediakan beasiswa untuk berbagai jurusan loh.Ayo dicek ! :)
    Universitas Gunadarma
    Kemahasiswaan Gunadarma

    BalasHapus