Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Minggu, 20 Maret 2016

CABANG - CABANG ILMU BIOLOGI LENGKAP

"

Inilah Beberapa Macam Cabang Ilmu Biologi - Selamat datang di situs berbagi bermacam-macam ilmu tentang pendidikkan. Seperti yang kita tahu bahwa Ilmu yang telah ada bisa dikembangkan dan tidak akan hilang apabila kita membagikan ilmu yang kita miliki. Tolak ukur itulah kenapa situs pendidikan ini ada. Oke kembali pada artikel saat ini yang akan saya bagikan adalah tentang mata pelajaran Biologi. Nah pada Bab ini saya akan membagikan tentang cabang-cabang dari ilmu Biologi. Sebelumnya ada yang bisa menyebutkan apa saja contoh cabang biologi yang sudah kalian  tahu?

Cabang-cabang Ilmu Biologi
Cabang Biologi
Cabang-cabang ilmu Biologi sebenarnya sangat banyak sekali, namun pada artikel ini saya hanya akan membahas beberapa saja. Saya hanya akan membahas beberapa cabang ilmu biologi yang pernah saya pelajari ketika keliah dulu di jurusan pendidikan biologi. Berikut adalah beberapa cabang ilmu biologi yang pernah saya pelajari:

Genetika
Genetika adalah ilmu yang membahas tentang pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Didalamnya dibahas mengenai gen, kromos, hukum Mendel, fenotipe, genotipe, alel dan hal lain yang berkaitan dengan pewarisan sifat. Genetika adalah salah satu mata kuliah favorit saya ketika kuliah dulu. Kenapa? Karena di mata kuliah ini kita lebih sering menggunakan logika dibandingkan menghapal, ya meskipun ada beberapa istilah dan rasio yang harus kita hafal.

Morfologi
Morfologi adalah ilmu tentang bentuk tubuh bagian luar makhluk hidup. Biasanya ilmu morfologi sudah lebih spesifik, misalnya morfologi tumbuhan, morfologi hewan, morfologi jamur dan lain-lain.

Anatomi
Jika morfologi mempelajari tentang bentuk luar maka Anatomi mempelajari tentang organ-organ dalam, fungisny dan reaksi yang terjadi di dalamnya. Sama seperti morfologi, biasa Anatomi juga sudah lebih spesifik. Misalnya anatomi manusia, anatomi hewan dan anatomi tumbuhan.

Taksonomi
Taksonomi adalah ilmu tentang pengelompokkan makhluk hidup. Bisa dibayangkan kalau tidak ada taksonomi maka kita akan kebingungan untuk mempelajari makhluk yang jenisnya sangat banyak. Dalam taksonomi inliah kita mengenal kingdom, divisi, family, spesies dan varietas.

Mikologi
Mikologi adalah ilmu tentang jamur. Segala hal tentang jamur dipelajari dalam mikologi, mulai dari jenis-jenisnya hingga manfaatnya dalam kehidupan manusia. JIka kita mempelajari mikologi, maka kita akan tahu bahwa fungi atau jamur tidak hanya bisa dimakan dan menjadi sumber penyakit saja, tapi ternyata fungi atau jamur juga bisa dimanfaat untuk hal lain seperti bioremediasi dan pupuk hayati.

Demikian saya rasa cukup untuk cabang-cabang ilmu Biologi yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat dan terus semangat belajar. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CABANG - CABANG ILMU BIOLOGI LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar