Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 02 Februari 2016

PERBEDAAN PENCERNAAN KIMIAWI DAN MEKANIK

"

Jelaskan Perbedaan Pencernaan Kimiawi dan Mekanik - Selamat pagi para pembaca situs pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang proses pencernaan pada manusia. Yang dimana proses tersebut dibagi 2 bagian yaitu pencernaan secara mekanik dan pencernaan kimiawi. Apabila ada 2 proses maka pasti ada beberapa perbedaan dari proses pencernaan ini. 

Nah apa saja yang akan berbeda dalam pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi, marilah kita bahas bersama-sama dengan penjelasan saya di bawah ini :
Pencernaan mekanik
Pencernaan mekanik adalah dipatahkannya partikel makanan menjadi partikel yang lebih kecil dengan proses fisik seperti mengunyah, menghancurkan dll. Hal ini terutama dicapai dengan gigi, kontraksi perut dan empedu. Pencernaan mekanik meningkatkan luas permukaan untuk reaksi enzimatik, sehingga meningkatkan laju reaksi kimia secara tidak langsung.
 
Pencernaan kimiawi
Proses transformasi makanan menjadi partikel yang lebih kecil melalui reaksi enzimatik disebut pencernaan kimiawiwi. Enzim yang digunakan untuk katalisis reaksi dengan memisahkan ikatan kimia dalam proses hidrolisis. Ada tiga jenis enzim pencernaan, yaitu; karbohidrat, lipase, dan protease, yang hidrolisis karbohidrat, lemak, dan protein masing-masing. Enzim ini ditemukan dalam air liur, asam lambung, cairan pankreas, dan getah usus, disekresikan oleh kelenjar ludah, kelenjar lambung, pankreas, dan dinding usus kecil masing-masing. Sekresi enzim pencernaan dimulai dengan harapan, stimulasi refleks, hormon atau stimulasi mekanik langsung.
 
PERBEDAAN PENCERNAAN KIMIAWI DAN MEKANIK

Kemudian Apa perbedaan antara Pencernaan mekanik dan Pencernaan kimiawi?
  • pencernaan mekanik melibatkan perubahan fisik sementara pencernaan kimiawi melibatkan perubahan kimia dalam makanan.
  • pencernaan mekanik membantu untuk memecah partikel makanan besar menjadi partikel yang lebih kecil, sedangkan pencernaan kimiawi memecah partikel besar menjadi molekul kecil.
  • pencernaan kimiawi melibatkan enzim dan tindakan enzimatik, sedangkan pencernaan mekanik melibatkan tindakan fisik termasuk mengunyah, menumbuk dan menghancurkan makanan.
  • pencernaan mekanik meningkat area permukaan yang tersedia untuk pencernaan kimiawi dan meningkatkan laju reaksi enzimatik, sedangkan pencernaan kimiawi memungkinkan menyerap molekul makanan kecil ke dalam aliran darah.
  • Gigi, otot usus dan tindakan dari larutan seperti empedu membantu untuk mencapai pencernaan mekanik saat pencernaan kimiawi dicapai oleh enzim pencernaan.
Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk kalian dalam sebuah artikel dengan judul Perbedaan Pencernaan Kimiawi dan Mekanik. Semoga dengan artikel ini kalian dapat ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan ilmu ini untuk teman-teman kalian. Karena sebuah ilmu akan mati jika tidak dibagikan kepada orang lain sebagai penerus informasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PERBEDAAN PENCERNAAN KIMIAWI DAN MEKANIK

0 komentar:

Posting Komentar