Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Minggu, 17 Januari 2016

CARA CEK KEAKTIFAN NUPTK TERBARU 2016

"

Bagaimana Cara Cek NUPTK Terbaru 2016 di GTK - Selamat datang di salah satu situs berbagi informasi terkait dengan dunia pendidikan di Indonesia. Kali ini saya berkesempatan membagikan informasi penting untuk pengecekan keaktifan NUPTK terbaru 2016 secara mudah dan praktis alias tanpa ribet. Seperti yang kita tahu bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) adalah salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan

Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.

Dalam melaksanakan pengelolaan data, PDSPK memiliki fungsi diantaranya melaksakan validasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan seperti data sekolah, siswa, guru, kelas, dan ruang kelas, warisan budaya benda maupun tak benda. Untuk menjamin validitas data maka dibuat sistem informasi verifikasi dan validasi data diantaranya aplikasi Verifikasi dan Validasi data Guru dan Tenaga Kependidikan (Verval GTK).

Aplikasi Verval GTK ini melibatkan operator sekolah, operator daerah dan operator pusat serta dalam aplikasi ini selain untuk melakukan verifikasi dan validasi data GTK juga untuk memproses pengajuan, penerbitan maupun penonaktifan NUPTK untuk GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

Hal ini juga berkaitan dengan surat edaran tentang pengaktifan dan penonaktifan NUPTK yang baru berlaku pada 2016 bulan januari. 
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menerbitkan surat tentang Penerbitan NUPTK bagi Guru/Pendidik dan Tenaga Kependidikan (GTK/PTK) pada Satuan Pendidikan Formal dan Non Formal. Dalam surat bernomor 14652/B.B2/PR/2015 dan tertanggal 28 Desember 2015 itu, selain menjelaskan tentang persyaratan dan ketentuan penerbitan NUPTK, juga menjelaskan tentang penonaktifan NUPTK.

 Baca Selengkapnya tentang : syarat penerbitan dan penonaktifan NUPTK 2016

Oke lanjut kita membahas cara mengecek keaktifan NUPTK terbaru 2016 pada situs GTK. Untuk lebih jelasnya silahkan Bapak dan Ibu Guru langsung praktekan dengan tahap-tahap berikut :
  1. Buka laman situs http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
  2. Pastikan Bapak dan Ibu Guru masuk pada "Pencarian NUPTK"
  3. Silahkan isi Kolom Kosong dengan No NUPTK
    CARA CEK KEAKTIFAN NUPTK TERBARU 2016
    Klik Gambar Untuk Memperbesar
  4. Nah selesai
Demikian informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan pengecekan NUPTK terbaru 2016. Sekarang akan lebih mudah dan terbuka dalam pengecakan tanpa ribet dan tergantung dengan operator sekolah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk share informasi bermanfaat ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA CEK KEAKTIFAN NUPTK TERBARU 2016

0 komentar:

Posting Komentar