Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Jumat, 01 Januari 2016

APA SAJA GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM PENCERNAAN

"

Inilah Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan - Selamat pagi sahabat cafependidikan.com kali ini saya berkesempatan untuk membagikan artikel tentang mata pelajaran biologi dan juga pengetahuan umum tentang gangguan dari sistem pencernaan manusia.

Sebagaimana pentingnya sistem pencernaan pada perut manusia dan proses ini berlangsung setiap hari pada jam tertentu saat perut dimasuki oleh makanan. Nah apa saja gangguan yang sering terjadi pada sistem pencernaan manusia, marilah kita bahas di bawah ini :
APA SAJA GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM PENCERNAAN

Sistem pencernaan kita terkadang mengalami beberapa kelainan dan gangguan akibat pola makan yang tidak sehat, di antaranya sebagai berikut.

a. Diare merupakan gangguan sistem pencernaan akibat feses yang keluar dalam bentuk encer dan terjadi karena adanya iritasi pada selaput lendir dinding kolon oleh bakteri disentri. Selain itu, diare ini juga dapat disebabkan diet yang salah, zat-zat beracun atau makanan yang dikonsumsi dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung.

b. Sembelit (konstipasi) merupakan gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh keterlambatan defekasi. Keterlambatan defekasi ini akibat absorpsi atau penyerapan air pada feses di usus besar berlebihan. Hal ini menyebabkan feses menjadi kering dan keras sehingga sulit dikeluarkan. Sembelit juga dapat disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat, kebiasaan menahan buang air besar pada saat normal, atau juga karena emosi seperti rasa gelisah, takut, cemas, dan stres.
 
c. Gastritis merupakan gangguan sistem pencernaan akibat lapisan mukosa lambung mengalami peradangan atau iritasi. Peradangan atau iritasi dinding mukosa lambung ini dapat disebabkan oleh makanan yang kotor atau kelebihan asam dalam lambung.
 
d. Appendisitis merupakan gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh peradangan pada umbai cacing (appendiks). Peradangan ini ditandai dengan adanya nanah dan pembengkakan pada umbai cacing.
 
e. Hemoroid merupakan pembengkakan vena di daerah anus, atau biasa disebut wasir. Hemoroid dapat terjadi pada orangorang yang sering menderita sembelit. Gejala hemoroid ini meliputi rasa gatal-gatal, nyeri, dan pendarahan di anus.

 Nah sahabat cafependidikan.com bagaimana dengan ulasan artikel saya tentang gangguan dan kelainan pada sistem pencernaan. Semoga dengan artikel tentang pembahasan saya ini dapat membantu kalian dalam mengetahui apa saja masalah yang ada di dalam sistem pencernaan manusia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : APA SAJA GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM PENCERNAAN

0 komentar:

Posting Komentar