Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Kamis, 24 Desember 2015

PENGERTIAN ETIKA LINGKUNGAN LENGKAP

"

Apa Itu Pengertian Etika Lingkungan - Pemahaman kita tentang maklhuk hidup disekitar kita baik flora dan fauna sangtlah kita pahami. Namun dalam hal menjaga lingkungan sekitar kita kerap lalai dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini bisa dilihat dari berbagai dampak kerusakan lingkungan yang telah alami selama bertahun-bertahun ini. Keadaan ini lama kelamaan dirasakan semakin parah sahabat cafependidikan.com. 

Oleh karena itu untuk mencegahnya kita perlu bukan hanya memahami namun mampu menerapkan dan memberikan contoh kepada masyarakat lainnya. Adapun yang termuat dalam hal ini adalah kita perlu "Etika Lingkungan" nah apa itu etika lingkungan, mari kita bahas sama-sama.
PENGERTIAN ETIKA LINGKUNGAN LENGKAP

Etika lingkungan adalah sikap dan tingkah laku manusia yang objektif terhadap kelestarian lingkungan sehingga dihasilkan manusia yang sadar lingkungan. Sebagai bagian dari lingkungan manusia hendaknya memiliki sikap dan kebijaksanaan moral dalam pergaulannya dengan lingkungan. Beberapa prinsip yang sejalan dengan etika lingkungan di antaranya berikut ini. 
  1. Manusia bukan sumber dari semua nilai, manusia bagian dari lingkungan. 
  2. Manusia harus menjadi pengelola sumber daya yang bijaksana dari generasi ke generasi. 3. Sumber daya digunakan seoptimal mungkin untuk kesejahtera- an manusia. 
  3. Perbaikan lingkungan harus disesuaikan dengan produksi benda dan materi. 
  4. Hubungan manusia dengan alam harus saling menguntungkan berdasarkan pengertian ekologi. 
  5. Lingkungan diciptakan tidak hanya untuk manusia tetapi juga untuk makhluk hidup lainnya. 
  6. Sumber daya alam bersifat tidak tak terbatas, karena itu pemanfaatannya  harus seefisien mungkin dan menghindarkan sikap boros.
Diharapkan setiap manusia mampu menyelaraskan pola pikir, sikap, dan tindakannya sesuai dengan prinsip-pinsip etika lingkungan. Upaya ini dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat dan akhirnya oleh seluruh warga negara. Dengan demikian setiap warga negara diharapkan memiliki peran dan partisipasi masing-masing dalam pelestarian lingkungan.

Demikian sedikit ulasan kecil dan semoga berdampak besar terhadap kesadaran kita kepada lingkungan sekitar kita sahabat cafependidikan.com. Hal-hal yang terkait dengan Etika Lingkungan semoga dapat kita terapkan pada kehidupan sehari-hari kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN ETIKA LINGKUNGAN LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar