Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Rabu, 23 Desember 2015

PENGELOMPOKAN TUMBUHAN PAKU BERDASARKAN SPORA

"

Menurut Sporanya Tumbuhan Paku dibedakan menjadi 3 - Membicarakan pelajaran Biologi adalah sesuatu hal mudah namun sulit. Mudah disini yang saya maksud adalah contoh bahan-bahannya ada disekitar kita dan sulit ketika kita tidak ada niat untuk berani belajar dan mencoba mencari tahu.
PENGELOMPOKAN TUMBUHAN PAKU BERDASARKAN SPORA
Sedikit ulasan tentang tumbuhan paku merupakan yang merupakan tumbuhan kormus, batang berpembuluh, daunnya terdiri daun steril (trofofil) dan daun fertil (sporofil). Batangnya berupa rizoma atau batang berkayu (pada paku pohon). Tumbuhan paku menghasilkan spora, mengalami metagenensis, generasi sporofit berumur panjang, gametofit berupa protalium yang berukuran kecil dan berumur pendek.

Habitat tumbuhan paku ada yang di tanah, ada yang epifit pada pohon lain dan ada yang hidup di air. Karena itu ada tiga macam tumbuhan paku, yaitu paku tanah, paku epifit, dan paku air. Umumnya tumbuhan paku menyukai tempat yang teduh dengan tingkat kelembaban udara yang tinggi.

Menurut spora yang dihasilkan, tumbuhan paku dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu:
 
1) Tumbuhan paku homospor
Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran sama tidak dapat dibedakan jenisnya antara spora jantan atau spora betina. Contohnya
Lycopodium clavatum (paku kawat).
 
2) Tumbuhan paku heterospor
Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk, ukuran, dan jeninya berbeda yaitu mikrospora (spora berukuran kecil, berjenis jantan), dan makrospora (spora berukuran besar, dan berjenis betina). Contohnya Selaginella sp (paku rane), Marsilea sp (semanggi).
 
3) Tumbuhan paku peralihan
Tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran sama, namun terdapat spora jantan dan spora betina. Contohnya Equisetum debile (paku
ekor kuda).

Nah sahabat cafependidikan.com bagaimana dengan penjelasan saya tentang artikel yang berjudul Pengelompokan Tumbuhan Paku Berdasarkan Spora. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mengenali tumbuhan paku dan pelajaran Biologi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGELOMPOKAN TUMBUHAN PAKU BERDASARKAN SPORA

0 komentar:

Posting Komentar