Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Selasa, 24 November 2015

MACAM-MACAM PENYAKIT MANUSIA YANG DISEBABKAN VIRUS

"

Penyakit pada Manusia yang disebabkan oleh virus - Mengingat tentang permintaan saudara keponakan yang ingin menyelesaikan tugas Biologinya, maka saya secara senang hati akan membantu sekalian juga membagikan kepada umum tentang jawaban dari soal penyakit manusia yang disebabkan oleh virus. Ada beberapa penyakit yang diesbabkan dari yang biasa hingga yang sangat mematikan, dari yang sudah biasa dan ditemukan obat yang ampuh hingga pada penyakit yang terbaru dan belum ada obat yang begitu ampuh dalam mengobati orang yang terkena penyakit.
MACAM-MACAM PENYAKIT MANUSIA YANG DISEBABKAN VIRUS

a.  Influenza 
Penyakit  ini  disebabkan  oleh  virus  golongan  orthomyyxovirus  yang berbentuk  bola.  Asam nukleatnya  terdiri  dari  8  bagian  RNA  yang berbeda  di  dalam  kapsid.  Kapsid  terdiri  dari membran  protein  dan molekul  glikoprotein.  Virus  ini  ditularkan  lewat  udara  dan  masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. Gejala influenza adalah demam, sakit kepala, pegal linu otot, sakit tenggorokkan, hidung bersin dan kehilangan nafsu makan. Virus flu burung tergolong virus influenza.

b.  Flu burung/ H5N1
Penyakit ini disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia. Virus flu burung pertama dideteksi di Hongkong tahun 1997. Setelah mereda, virus kembali merebak di akhir  tahun  2003  dan  mematikan  ratusan  ribu ekor  avam  diberbagai  negara,  termasuk Indonesia.  Dari  berbagai  strain  virus  flu  burung,  hanya  ada  satu  strain  yang  dapat menginfeksi  manusia,  yaitu  H5N1.  Penularan  dari  unggas  ke  manusia  terjadi  jika manusia menghirup udara yang tercemar virus flu burung atau kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi flu burung.Sifat virus ini adalah dapat bertahan hidup di air hingga 4 hari pada suhu 220 C dan lebih dari 30 hari pada suhu 00 C serta dapat bertahan lebih lama dalam tubuh atau tinja unggas, tetapi mati pada pemanasan 600 C selam 30 menit. Gejala yang dialami oleh manusia yang terinfeksi virus ini adalah demam, sakit tenggorokkan dan nyeri otot.

c.  Campak
Penyakit ini disebabkan oleh  paramyxovirus. Campak biasanya menyerang anak- anak. Gejala campak adalah demam tinggi, mengigau, batuk, mata pedih jika terkena cahaya  dan rasa ngilu di seluruh tubuh. Pada fase inkubasi awal, virus berkembang biak di saluran pernapasan atas yang menyebabkan gejala batuk kering dan radang tenggorokkan. Di akhir fase inkubasi, virus menuju darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh, terutama kulit, sehingga terlihat bercakbercak  merah  di  kulit.  Infeksi  virus  campak  sering  diikuti  infeksi sekunder  oleh  bakteri penyebab pneumonia dan infeksi telinga.

d.  Cacar air dan Herpes Zoster
Varicella Zoster virus adalah nama virus yang menyebabkan penyakit cacar air  dan  herpes zoster.  Virus ini  dapat  menular melalui  udara jika udara mengandung  partikel  virus  yang berasal  dari  penderita  yang  batuk  danbersin. Gejala penyakit cacar air adalah demam, sesak napas, pegal linu dan timbul gelembunggelembung berair di kulit yang terasa gatal. 

e.  Cacar
Cacar  menyerang  tubuh  dan  menimbulkan  luka  pada  sekujur  tubuh.  Jika  sembuh,  cacar meninggalkan bekas (luka parut) pada tubuh dan wajah. Virus cacar berbentuk seperti bata yang dilapisi 2 membran. Inti virus terdiri dari pita ganda DNA. Virus ini dapat bertahan hidup di luar sel inang. Cacar adalah penyakit yang akut, fatal, dan sering epidemik. Cacar menginfeksi tubuh melalui saluran  pernapasan.  Gejala  awalnya  adalah menggigil,  demam, sakit kepala, sakit  punggung, dan lesu. Luka pertama muncul diwajah dan  kemudian menyebar ke lengan atas, tangan, dan anggota badan. Masa inkubasi virus ini biasanya 12- 16 hari.

f.  Hepatitis
Pada penyakit ini, virus menyerang hati penderita sehingga membengkak, mengakibatkan empedu  beredar ke seluruh  tubuh. Akibatnya,  kulit  dan bola  mata  penderita  berwarna kuning.  Itulah  sebabnya  penyakit  ini disebut penyakit kuning. Saat  ini  dikenal  ada  lima virus  hepatitis  yang dapat  menginfeksi  manusia  yaitu virus yang menyebabkan hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A dan E tergolong ringan dan dapat pulih dalam beberapa minggu. Hepatitis B, C, dan D dapat menyebabkan hepatitis yang kronis yang diderita  selama hidup. Hepatitis  A  dan  E  disebarkan  melalui  feses  dan  dapat menginfeksi tubuh  melalui  air  dan makanan  yang  tercemar  feses  penderita.  Untuk  mencegah  terkena hepatitis  A  dan  E, kita  harus  menjaga  kebersihan  diri  dan  lingkungan  serta  makanan  dan minuman yang kita santap. Hepatitis B, C, dan D ditularkan terutama melalui kontak darah dengan penderita. Hepatitis D diderita hanya oleh orang yang terinfeksi virus hepatitis B. Hepatitis B juga dapat ditularkan melalui kontak seksual dan dari ibu kepada anak saat persalinan.

g.  Polio
Virus polio adalah virus penyebab penyakit polio yang dapat menyebabkan lumpuh jika virus menginfeksi selaput otak (meninges) dan sum- sum tulang belakang. Polio umumnya menyerang anak- anak.  Gejalanya  adalah  demam,  sakit  kepala,  tidak  enak  badan, mengantuk,  sakit tenggorokan,  mual,  dan  muntah.  Gejala  tersebut  kadang disertai juga oleh kaku  leher  dan tulang belakang. Penyakit ini dapat disembuhkan. Masa inkubasi virus ini 3-35 hari, tapi umumnya antara 7- 14 hari. Sumber utama virus ini dari saluran usus orang yang terinfeksi. Feses orang tersebut mengandung virus polio yang dapat menular lewat mulut melalui makanan yang terkontaminasi olehnya. Di awal infeksi, penyakit ini dapat disebarkan melalui infeksi saluran pernapasan.

h.  Gondong
Penyakit  gondong  disebabkan  oleh  paramyxovirus  yang hanya memiliki  RNA. Paramyxovirusdapat tumbuh di jaringan otak, selaput otak, pankreas, testis, glandula parotid, dan hati

i.  AIDS
AIDS  (acquired  immuno deficiency  syndrome)  adalah  penurunan sistem  kekebalan  tubuh yang  disebabkan  oleh  HIV  (human immunodeficiency  virus).  HIV  merupakan  golongan retrovirus  yang memiliki 2 molekul RNA. Virus masuk ke dalam darah, menyerang selsel darah putih T4, yaitu sel darah putih yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh. Sel darah  putih tersebut  mampu  memproduksi  antibodi,  yaitu  senyawa  kimia  yang  dapat menawarkan racun penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh terinfeksi HIV, sel T4 akan hancur sehingga tubuh tidak mampu lagi melawan bibit penyakit

j.  Ebola
Virus ini  merusak  jaringan  dan sel tubuh  yang  dapat menyebabkan  kematian  dalam jangka waktu kurang dari dua minggu. Ebola ditularkan melalui kontak lansung dengan cairan tubuh penderita ebola misalnya, darah, feses, urin, ludah dan keringat.

k.  Herpes Simpleks 
Penyakit  ini  disebabkan  oleh virus  anggota  famili  Herpesviridae  yang menyerang  kulit dan selaput lendir. Penyakit ini mengenai mata, bibir, mulut, alat kelamin, dan kadang- kadang otak.

l.  Rabies
Virus  rabies  adalah  virus  yang  menyebabkan  penyakit  rabies,  yang ditularkan  kepada manusia  melalui  gigitan  hewan  yang  terinfeksi.  Gejala rabies pada manusia adalah sakit kepala, gugup, demam, lesu dan lumpuh

m.  Mata belek
Penderita  mengalami  sakit mata  parah,  mata  berwarna  merah sekali dan  mengeluarkan air mata serta kotoran mata yang banyak. Biasanya mata penderita agak membengkak. Penyakit demikian sering disebut sebagai mata belek atau belekan.

n. Demam Berdarah
Demam  berdarah  disebabkan  oleh  virus  dengue,  yang  termasuk  genus  Flavivirus.  Ada beberapa  subtipe virus  ini,  misalnya  DEN  -   1,  DEN  -   2,  DEN  -  3,  dan  DEN  -   4. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala penyakit ini adalah demam atau panas tinggi, sakit kepala, timbul  bercak kemerahan  pada kulit, mimisan, dan pada tingkat yang lebih parah terjadi pendarahan pada organ-organ tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian. Pendarahan terjadi karena virus menyebabkan jumlah trombosit (zat pembeku darah) menurun.

o. SARS
SARS (severe acute respiratory syndrome) disebabkan oleh coronavirus  yang mengakibatkan penderita  mengalami  gejala  seperti  pneumonia  sehingga  SARS  disebut  CVP (coronavirus pneumonia). Selain itu, gejala lain yang dialami penderita SARS adalah panas tinggi ( lebih dari  38°c)kepenatan otot, sakit kepala,  batuk  kering,  peradangan  pada  paru- paru  sehingga susah bernapas dan diare.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MACAM-MACAM PENYAKIT MANUSIA YANG DISEBABKAN VIRUS

2 komentar:

  1. Berarti kita harus lebih waspada biar kenal virus ya pak guru.
    Salam hangat pak guru
    http://www.portalpendidikan.net
    http://reseparena.web.id
    http://indoamaterasu.com
    http://lintasin.net
    http://idnusantara.com
    http://teknologivirtual.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak sama2..., silahkan anda pelajari ketahanan tubuh yang baik dan benar

      Hapus