Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Rabu, 25 November 2015

CIRI - CIRI TUMBUHAN LUMUT LENGKAP

"

TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA) - Cafependidikan.com kembali memberikan tulisan atau artiekl yang sangat bermanfaat untuk sahabat semua. Kali ini masih dalam mata pelajaran Biologi, dimana kita akan mempelajari tentang flora dan fauna yang ada di alam semesta nan indah ini. Okelah kita kembali pada topik apa yang ingin saya bagikan pada pertemuan kali ini, Sesuai dengan judulnya saya membagikan tentang Ciri-ciri Lumut / Bryophyta. Tumbuhan ini disebut tumbuhan tidak berpembuluh karena tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati. Tumbuhan ini tidak mempunyai saluran atau pembuluh yang khusus untuk mengalirkan zat makanan, air, garam, dan mineral ke seluruh bagian tubuh. Bryophyta (lumut) merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok ini.
CIRI - CIRI TUMBUHAN LUMUT LENGKAP

Ciri-ciri Lumut
  1. Tumbuhan kecil, mempunyai talus (akar, batang dan daun sukar dibedakan)
  2. Kurang daripada 15 cm
  3. Multiseluler, berklorofil, dan bersifat fotoautotrof.
  4. Merupakan tumbuhan peralihan antara tumbuhan talus (lembaran) dan tumbuhan berkormus (cormophyta).
  5. Tidak memiliki jaringan pembuluh.
  6. Habitat di tempat lembab atau basah.
  7. Memiliki siklus pergiliran keturunan (metagenesis).
  8. Mengalami dua fase kehidupan. yaitu fase gametofit dan fase saprofit
  9. Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati.
  10. Kelompok tumbuhan ini juga belum memiliki pembuluh sejati. Akar, organ penyerap haranya adalah rizoid (harafiah: "serupa akar"). 
  11. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor, yang tumbuh disuatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. Karena ukurannya kecil  yang berkoloni sehingga dapat menjangkau area yang luas.

Nah sahabat Cafe Pendidikan demikianlah pembahasan yang bisa saya bagikan dalam judul Ciri-ciri dari Tumbuhan Lumut. Semoga dengan saya menulis tentang artikel tentang mata pelajaran Biologi bisa membuat rasa ingin tahu kalian dalam memahami Tumbuhan Lumut. Adapun tentang materi yang lain silahkan kalian berikan pertanyaan di dalam komentar. Terima kasih & Jaga Bumi Kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CIRI - CIRI TUMBUHAN LUMUT LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar