Informasi Pendidikan, Tugas, Guru, Contoh, Cara, Jelaskan, Pengertian, Perbedaan, Persamaan

Senin, 23 November 2015

APA MANFAAT TUMBUHAN PAKU DISEKITAR KITA

"

Inilah Manfaat Tumbuhan Daun Paku - Selamat datang di situs cafependidikan.com tempat untuk berbagi berbagai ilmu tentang tugas siswa dari berbagai mapel dan jenjang. Baiklah kita kembali ke topiknya. Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat yang berperan dalam kehidupan manusia. Manfaat tumbuhan paku (pteridophyta) dimana kita ketahui bahwa tumbuhan paku adalah organisme fotoautotrof, yang artinya adalah dapat membuat makanan sendiri dengan cara berfotosintesis. Tumbuhan paku hidup di berbagai tempat seperti ditempat lembab (higrofit), di air (hidrofit), permukaan batu, tanah dan menempel (epifit) dikulit pohon.
APA MANFAAT TUMBUHAN PAKU DISEKITAR KITA

Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah adalah Adiantum cuneatum (splir) dan Alsophila Glauca (paku tiang). Tumbuhan paku yang hidupnya di tanah yang berair adalah Marsileasp. Tumbuhan paku yang hidup di air adalah Azolla pinnata dan Salvinia natans. Sedangkan tumbuhan paku yang hidupnya menempel di pohon adalah Platycerium bifurcatum (paku tanduk rusa) dan Asplenium nidus (paku sarang burung). Tumbuhan paku akan hidup melimbah dan subur dihabitat yang sesuai yaitu di hutan hujan tropis.  


Tumbuhan paku memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun ada pula yang merugikan. Terlepas dari hal tersebut dimana seperti tema diatas yaitu manfaat tumbuhan paku (pteridophyta). Manfaat Tumbuhan Paku (Pteridophyta) adalah sebagai berikut

Manfaat dari tumbuhan paku antara lain:
  1. Sebagai tanaman hiasan : Platycerium nidus (paku tanduk rusa) yang bentuknya seperti tanduk rusa dan sering ditanam dengan ditempelkan pada pohon, Asplenium nidus (paku sarang burung), Adiantum cuneatum (suplir), dan Selaginella wildenowii (paku rane).
  2. Sebagai bahan penghasil obat-obatan : Asipidium filix-mas dan Lycopodium clavatum.
  3. Sebagai sayuran : Marsilea crenata (semanggi) dan Salvinia natans (paku sampan = kiambang). Beberapa tumbuhan paku ada yang diambil daunnya yang masih muda untuk sayur.
  4. Sebagai pupuk hijau : Azolla pinnata yang hidup di sawah-sawah, bersimbiosis dengan anabaena azollae (ganggang biru) yang dapat mengikat N2 bebas di udara menjadi senyawa yang dapat diserap oleh tumbuhan lain. Dengan demikian, Azolla pinnata dapat dijadikan pupuk hijau yang kaya nitrogen.
  5. Sebagai pelindungan tanaman di persemaian : Gleichenia linearis
  6. Untuk tempat menanam anggrek, yaitu paku tiang (Alsophlia glauca)
Demikianlah artikel yang saya bahas kali ini tentang judul Apa Manfaat Tumbuhan Daun Paku. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian dalam mencari hal yang kalian belum mengerti. Kalaupun ada pertanyaan tentang tugas-tugas yang lain silahkan tanya dikolom komentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : APA MANFAAT TUMBUHAN PAKU DISEKITAR KITA

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus